Artikel Terbaru

Diposkan oleh : health pada 3:40 am tanggal April 29, 2017

Tips Perawatan Vagina Setelah Melahirkan Normal Yang Benar – Health.Ijomuda.com,- Kesehatan organ intim bagi wanita memanglah sangat penting untuk di jaga terlebih lagi setelah melahirkan. Melahirkan normal memang sering kali membuat vagina setiap wanita mengalami perubahan. Beberapa gejala yang mungkin di rasakan wanita setelah melahirkan yaitu vagina yang membengkak, mati rasa, nyeri, kering, juga lebih lebar memang sering kali dikeluhkan. Namun hal tersebut memang lah sangat wajar terjadi karena secara alamiah anda telah menjalani persalinan normal. Belum lagi jika terjadi robek pada vagina maka tindakan penjahitan memang harus di lakukan dan sering kali hal tersebut membuat para wanita mersakan nyeri lebih berat.

Perawatan vagina setelah melahirkan memang dinilai sangat penting. Tidak hanya dapat membuat kesehatan organ intim terjaga namun juga dapat berimbas baik pada hubungan intim dengan suami. Apalagi untuk anda yang telah menjalani penjahitan menjaga kebersihan vagina akan sangat membantu untuk mencegah infekski vagina. Infeksi vagina tentunya memiliki dampak buruk bagi kesehatan wanita bahkan dapat meningkatkan resiko komplikasi.

Jaga vagina agar tetap kering
Kondisi vagina setelah melahirkan tentunya berbeda dengan kondisi sebelumnya. Menjaga kebersihan vagina dengan rutin mengganti pembalut juga menjaga agar vagina tetap kering dapat mempercepat prose penyembuhan. Tidak hanya itu area vagina yang kering dapat mencegah tumbuhnya bakteri atau jamur. Dimana jamur akan sangat mudah berkembang pada area lembab seperti vagina. Untuk meredakan rasa sakit sekaligus menjaga kebersihan vagina setelah melahirkan ada baiknya anda mengompres area vagina menggunakan air hangat. Dan mencuci organ intim secara rutin dapat mencegah pembengkakan pada vagina.

Gunakan pembalut
Pembalut tentunya sangat di perlukan setelah melahirkan. Karena setelah melahirkan kemungkinan besar anda akan mengalami ppendarahan maka menggunakan pembalut dapat menyerap darah yang keluar dari vagina. Pastikan anda mengganti pembalut secara rutin 3 jam sekali. Dan tidak disarankan untuk menggunakan tampon akan dapat meningkatkan resiko terkena infeksi vagina.

Pemberian antiseptik
Khusus untuk wanita yang menjalani jahitan pada area vagina pemberian antiseptik menjadi solusi yang sangat tepat. Penggunaan cairan antiseptik dapat mencegah vagina terkena infeksi. Cara penggunananya pun terbilang cukup mudah hanya dengan melarutkan cairan antiseptik dengan air kemudian basuh vagina secara perlahan atau tuangkan pada jahitan. Jika anda menjalani jahitan di vagina pastikan untuk memakai celana longgar berbahan katun agar jahitan lebih kering dan menghindari terjadinya gesekan pada luka jahitan.

Senam kegel
Vagina yang melebar setelah melahirkan memang tidak bisa kembali sama seperti sebelum melahirkan. Namun ada cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi hal tersebut yaitu dengan senam kegel. Dimana senam kegel ini bertujuan untuk mengencangkan otot vagina dan panggul. Dengan melakukan senam kegel secara rutin dan teratur maka akan sangat membantu mempercepat otot vagina kembali kencang sehingga hubungan intim dengan suami akan jauh lebih baik lagi.

Mengatasi vagina kering
Sering kali setelah melahirkan vagina menjadi lebih kering sehingga membuat hubungan intim anda terasa menyakitkan. Hal tersebut bisa terjadi karena kadar hormon estrogen menurun setelah melahirkan hal tersebut menyebabkan cairan lubrikasi menjadi lebih sedikit alhasil vagina akan lebih kering. Untuk mengatasi hal tersebut sangat dianjurkan untuk para wanita minum lebih banyak air putih untuk mencegah dehidrasi, ada baiknya sebelum berhubungan intim lakukan pemanasan dalam waktu yang lumayan lama. Jika hal tersebut tidak membuahkan hasil yang maksimal anda bisa menggunakan produk cairan lubrikasi berbahan air ataupun menggunakan pelembab vagina.

Baca artikel lainnya:

Bahaya Terlalu Sering Memakai Celana Jeans Ketat

Bahaya Berhubungan Seksual saat Wanita sedang Keputihan

Kebiasaan Buruk Yang Menjadi Penyebab Infeksi Saluran Kemih

Makanan Untuk Mendapatkan Anak Kembar Sepasang

Save