Artikel Terbaru

Diposkan oleh : health pada 5:38 am tanggal June 15, 2017

Tips Cara Mengatasi Bibir Gelap Karena Sinar Matahari Health.Ijomuda.com,- Bibir menjadi salah satu bagian dari wajah yang memiliki daya tarik tersendiri. Memiliki bibir berwarna pink alami tentunya akan menambah daya tarik tersendiri bagi kaum hawa. Namun tidak semua wanita di anugrahi memiliki warna bibir merona, tidak sedikit juga para wanita yang mengeluhkan berbagai masalah pada kulit bibirnya salah satunya bibir gelap. Memang banyak faktor yang dapat menyebabkan bibir gelap mulai dari kebiasaan merokok hingga akibat dari terlalu sering terpapar sinar matahari. Paparan sinar matahari menjadi penyebab bibir gelap lpaling sering di alami baik oleh wanita dan pria. Lalu bagaimana cara mengatasinya? simak ulasannya berikut ini.

Berbeda dengan kulit wajah, faktanya kulit bibir hanya memiliki 3 sampai 5 lapisan sel saja. Hal tersebut menyebabkan kulit bibir memiliki lebih sedikit mengahasilkan pigmen melanin. Tidak hanya itu saja nyatanya warna bibir lebih cerah karena bibir memiliki pembuluh darah. Mesipun secara alamiah bibir memang berwarna lebih cerah tidak sedikit orang yang mengeluhkan mempunyai masalah dengan warna bibir yang gelap. Nyatanya paparan sinar matahari dapat menyebabkan bintik-bintik hitam di sekitar bibir. Jika hal tersebut berlangsung terus-menerus maka dapat menyebabkan bibir gelap dan menghitam. Faktor umur juga kebiasaan merokok akan memperparah kondisi warna bibir anda.

Bibir gelap tentunya membuat anda kurang percaya diri lalu bagaimana cara mengatasinya? tenang saja nyatanya beberapa bahan alami berikut ini dapat anda gunakan untuk membantu mencerahkan kulit bibir gelap anda akibat dari paparan sinar matahari.

Lemon dan minyak zaitun
Salah satu cara untuk mengatasi bibir gelap secara alami anda dapat memanfaatkan minyak zaitun dan lemon. Kedua bahan alami tersebut nyatanya memiliki kandungan mencerahkan sekaligus melembabkan kulit bibir secara alami. Kandungan vitamin C pada lemon dapat membantu mencerahkan kulit bibir dan kandungan vitamin E pada minyak zaitun dapat melindungi kulit bibir dari efek buruk paparan sinar UV sekaligus melembabkan kulit bibir. Cara menggunakannya sangatlah mudah hanya dengan mencampurkan minyak zaitun dengan air perasan lemon kemudian oleskan pada bibir. Tunggu beberapa menit hingga mengering dengan sendirinya kemudian bilas menggunakan air hingga bersih. Untuk hasil terbaik lakukan secara rutin.

Scrub oatmeal
Oatmeal tidak hanya menjadi makanan yang menyehatkan jantung saja namun juga mempunyai manfaat bagi kecantikan. Salah satu manfaat oatmeal bagi kecantikan kulit yaitu dapat membantu mengatasi bibir gelap. Menggunakan scrub oatmeal tidak hanya dapat membuat bibir menjadi lebih cerah namun juga melembabkannya. Scrub oatmela dapat membantu mengangkat sel kulit mati pada bibir. Campurkan 2 sendok makan oatmeal dengan beberapa minyak zaitun dan jus tomat. Oleskan pada bibir diamkan beberapa saat kemudian gosok secara perlahan. Bilas menggunakan air hingga bersih dan jangan lupa lakukan secara rutin.

Lidah buaya
Lidah buaya merupakan tanaman obat yang memiliki manfaat banyak salah satu dapat di jadikan sebagai obat untuk luka bakar. Lidah buaya juga dapat di gunakan sebagai bahan alami untuk membantu mencerahkan kulit bibir sekaligus melembabkannya. Oleskan gel lidah buaya pada bibir kemudian diamkan sebentar dan pijat secara perlahan. Tunggu 30 menit hingga kandungan gel lidah buaya menyerap ke kedalam bibir kemudain bilas menggunakan air dingin hingga bersih.

Kayu cendana dan kunyit
Campurkan bubuk kunyit dan bubuk kayu cendana secukupnya tambahkan sedikit air aduk hingga tercampur dan berbentuk seperti pasta. Oleskan pada kulit bibir kemudian diamkan selama 30 menit baru bilas menggunakan air hangat. Kayu cendana dan kunyit di percaya dapat membantu menghilangkan bintik-bintik hitam pada bibir.

Sebagai langkah pencegahan ada baiknya adan menghindari minuman yang mengandung kafein, hindari merokok, hindari menggunakan kosmetik dengan kandungan berbahaya, juga lindungi bibir dari paparan sinar matahari dengan menggunakan lip balm.

Itulah beberapa cara mengatasi bibir gelap akibat paparan sinar uv secara alami jangan lupa lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil terbaik dan memuaskan.

Baca juga artikel lainnya:

Tips Agar Bibir Lembut Bebas Kering Dengan Srub Gula

Penyebab Bibir Keriput dan Cara Pencegahannya

Bahaya Sulam Alis dan Bibir Ternyata Mengerikan

Cara Menghilangkan Sel Kulit Mati Secara Cepat Dengan Teh Hijau