Artikel Terbaru

Diposkan oleh : health pada 1:28 am tanggal September 16, 2016

Tips Cara Membedakan Benjolan Akibat Limfoma Atau Infeksi Di Leher Health.Ijomuda.com,- Munculnya benjolan di area leher memang sering membuat orang panik. Orang cenderung lebih panik karena mengira benjolan yang muncul di area leher merupakan limfoma atau kanker kelenjar getah bening. Tentunya anda harus lebih tahu, jika benjolan di leher tidak semua merupakan limfoma bisa juga karena adanya pembengkakan akibat infeksi. Mengetahui sejak dini apakah benjolan itu muncul akibat infeksi ataupun limfoma menjadi langkah awal yang sangat tepat. Maka dari itu perlunya mengetahui apa yang membedakan antara benjolan akibat limfoma dan infeksi sangat di butuhkan. Selain itu hal ini akan sangat membantu dalam penanganan yang cepat.

tips-cara-membedakan-benjolan-akibat-limfoma-atau-infeksi-di-leher

Menurut Dr Andhika Rachman, SpPD-KHOM, dari RS Cipto Mangunkusumo, menyebutkan jika benjolan akibat limfoma tidak menyebabkan rasa sakit bila di tekan. Hal ini sangat berbeda dengan benjolan akibat dari infeksi yang menyebabkan rasa sakit bila di tekan. Benjolan akibat infeksi biasanya menyebabkan rasa sakit juga di area sekitarnya. Seperti jika terjadi infeksi radang tenggorokan munculnya benjolan disertai dengan rasa nyeri saat menelan. Anda bisa membedakan jika benjolan yang muncul akibat infeksi biasanya keras saat di tekan dan posisinya tetap diam saat di gerakan. Langkah pengobatan benjolan akibat infeksi biasanya dokter memberikan obat antibiotik dan akan mengecil sendiri dalam beberapa hari.

Berbeda dengan benjolan akibat infeksi, limfoma umumnya membuat benjoalan akan semakin membesar dengan di sertai beberapa gejala lainnya. dan tentunya benjolan yang muncul akibat limfoma hadir lebih dari satu atau bergerombol. Bahkan benjolan limfoma dapat sangat terlihat meskkipun dengan mata telanjang.

Beberapa gejala limfoma:

  • Adanya pembengkakan tanpa rasa sakit
  • Berat badan menurun tanpa sebab jelas
  • Hilang nafsu makan lihat cara meningkatkan nafsu makan
  • Lelah dan kekurangan energi
  • Batuk
  • Nyeri dada dan sesak napas
  • Sakit kepala
  • Amandel membesar
  • Gatal dan ruam tanpa sebab yang jelas
  • Menggigil
  • Gatal dan ruam tanpa sebab yang jelas

Tentunya gejala awal limfoma setiap orang berbeda-beda ada juga yang merasakan selalu keluar keringat di malam hari. Pentingnya kesadaran diri untuk lebih peka terhadap perubahan yang terjadi pada tubuh. Penanganan yang cepat dan sedini mungkin akan sangat membantu dalam pengobatan. Menurut Profesor Dr dr Aru Wisaksono Sudoyo, SpPD-KHOM Ketua Perhimpunan Onkologi Indonesia (POI)  menyebutkan jika seseootang harusnya lebih curiga jika munculnya benjolan yang tidak kunjung hilang dalam waktu lama bisa dikatakan sebagai tumor. Selain itu perhatikan pertumbuhan bejolan tersebut jika semakin membesar dalam jangka waktu singkat pastikan anda harus segera memeriksakan diri untuk mendapatkan bantuan medis.

Baca juga artikel lainnya:

Menu Makanan Sehat Penurun Kolesterol Tinggi

Kenali Penyebab Demam Berdarah

Save