Artikel Terbaru

Diposkan oleh : health pada 3:37 am tanggal April 19, 2017

Tips Agar Bayi Tidur Lelap Sepanjang MalamHealth.Ijomuda.com,- Mempunyai bayi tentunya membuat anda merasa sangat bahagia sekaligus menjadi momen yang tidak bisa di lupakan. Namun di balik itu nyatanya di butuhkan kesabaran dan pengorbanan saat merawat bayi apalagi untuk para pasangan muda yang baru menikah. Salah satu tantangan untuk para orang tua dalam merawat bayi yaitu begadang di malam hari, karena nyatanya banyak bayi yang terbangun di tengah malam. Hal tersebut tentunya bukan berita baru lagi, kebanyakan para orang tua harus rela begadang dan menjaga si bayi mungil yang terbangun. Tidak jarang akibat keseringan begadang para orang tua terserang sakit hingga kesehatan tubuh yang menurun. Namun untuk para orang tua jangan gundah dan merasa bingung yah nyatanya ada beberapa tips hyang bisa para orang tua lakukan agar bayi bisa tidur lelap saat malam berikut ulasan lengkapnya.

Pada dasarnya bayi baru lahir memang belum bisa membedakan waktu siang dan malam. Jam tidur bayi yang masih belum teratur memang tergolong sangat wajar. Ada kalanya bayi tidur pulas di siang hari dan di malam harinya malah terjaga. Hal tersebut tentunya tidak hanya berdampak pada kesehatan orang tua yang sepanjang malam begadang namun juga tidak baik bagi kesehatan bayi dimana waktu bayi menjadi berkurang.

Normalnya bayi tidur selama 9 jam di siang hari dan 8 jam di malam hari. Bayi yang terbangun tidak lain karena rasa lapar atau tidak nyaman. Ada kalanya para orang tua melakukan beberapa cara agar bayi terbiasa tidur nyenyak sepanjang malam sedini mungkin. Dan berikut ini beberapa tips agar bayi tidur nyenyak sepanjang malam.

Para orang tua bisa melakukan pemijatan pada bayi sambil menyanyikan lagu pengantar tidur secara rutin setiap hari. Hal tersebut bisa membuat bayi lebih nyaman dan rileks sekaligus menjadi tanda waktu untuk tidur. Pastikan anda memandikannya dengan air hangat sebelum tidur agar bayi lebih nyaman.

Langka berikunya yang bisa di lakukan yaitu jangan lupa ajak bayi anda berinterikasi secara aktif di siang hari. Bermain di siang hari dapat membuat bayi lebih lelah sehingga pada malam harinya bayi akan tidur nyenyak. Pastikan anda juga tahu untuk tidak melakukan interaksi aktif di malam hari sebagai gantinya lakukan interaksi yang tenang dan membuat bayi rileks hingga tertidur.

Selanjutnya nyatanya efek suara bising namun stabil nyatanya dapat membuat bayi tidur nyenyak pada malam hari contohnya suara kipas angin. Namun pastikan kipas angin tidak nyalakan dengan angin yang terlalu besar cukup sedang saja.

Tidak hanya itu memberikan pemahaman mengenai perbedaan waktu siang dan malam pada bayi. Solusi tersebut akan sangat membantu bayi tidur lelap di malam hari. Para bunda bisa mulai dengan cara memberi makan bayi di siang hari secara lebih atraktif namun pada malam hari lebih tenang.

Dan yang terakhir yaitu dengan mengendong bayi bisa membantu bayi tidur lelap di malam hari. Hal tersebut tentunya membuat bayi lebih nyaman dan hangat. Namun ingat saat bayi sudah terlihat mengantuk anda bisa langsung membaringkan bayi di tempat tidur jangan sampai bayi tertidur di gendongan karena hal tersebut dapat menjadi kebiasaan setiap harinya.]

Selain tips diatas, ada hal lainnya yang mendukung bayi tidur nyenyak saat malam sepeti suasa kamar yang tenang dan temaram, penggunanan popok daya serap tinggi, juga tidur bersama orang tua.

Baca juga artikel lainnya:

Bunda, Yuk Ketahui Manfaat Pijatan Lembut Untuk Bayi Tercinta

Cara Melatih Bayi Supaya Cepat Berbicara

Makanan Terbaik Saat Hamil Agar Bayi Sehat

Save

Save

Save

Save