Artikel Terbaru

Diposkan oleh : health pada 12:13 am tanggal June 17, 2017

Sering Cegukan Saat Puasa Atasi Dengan Cara Berikut IniHealth.ijomuda.com,- Mungkin anda pernah merasakan cegukan, ya siapa saja pasti merasakan cegukan mulai dari bayi hingga lansia. Saat orang mengalami cegukan maka cara yang paling cepat untuk mengatasinya yaitu dengan minum air putih. Namun apa jadinya jika cegukan sering muncul saat puasa? tentu saja minum menjadi hal yang tidak boleh di lakukan untuk mengatasinya. Berikut ini ada tips  cara mengatasi cegukan saat puasa simak di bawah ini ya.

Cegukan sendiri memang bukan masalah membahayakan namun kemunculannya sering kali sangat menganggu. Meskipun cegukan ini dapat hilang dengan sendirinya, tidak jarang juga cegukan muncul dalam waktu yang lama sehingga dapat mengganggu aktifitas sehari-hari.

Cegukan disebut juga dengan debaran sinkronis diafragma atau singultus yang terjadi saat terjadi kontraksi berlebih pada otot-otot diafragma. Meskipun tidak menyebabkan kesakitan nyatanya untuk sebagian orang cegukan ini sering kali menyebabkan rasa sesak pada dada, peorut, jga tenggorokan.

Banyak faktor yang bisa menjadi penyebab cegukan seperti makan terlalu banyak dan cepat saat sahur perubahan suhu secara mendadak, minum minuman bersoda makan makanana pedas, juga merokok. Namun tidak hanya itu faktor kondisi emosi pun nyatanya dapat ikut andil menyebabkan cegukan seperti stress, cemas, gugup, hingga over semangat.

Selain dengan minum air putih nyatanya cegukan ini dapat diatasi dengan beberapa cara di bawah ini:

Pijat ulu hati
Otot diafragma yang mendapatkan pemijatan akan dapat mengatasi cegukan. Pijat secara perlahan di sekitar ulut hati selama 20 detik hingga 30 detik.

Tahan napas
Menahan nafas dalam beberapa saat dapat membantu mengatasi cegukan saat puasa. Menahan napas nyatanya menjadi cara yang banyak di lakukan untuk mengatasi cegukan. Tahanlah nafas sekitar 10 detik kemudian keluarkan secara perlahan. Lakukan hingga cegukan menghilang sekitar 3 sampai 4 kali.

Duduk sambil memeluk lutut
Memberikan penekanan pada diafragma dapat membantu mengatasi cegukan secara alami. Anda dapat mencoba duduk dengan memeluk lutut dan badan di condongkan kedepan lakukan sekitar dua menit.

Bernapas dalam kantong kertas
Mungkin anda pernah melihat orang luar yang bernafas dalam kantong kertas. Nyatanya bernafas dalam kantong kertas memiliki manfaat salah satunya untuk mmengatasi cegukan. Caranya cukup mudah hanya dengan menutupi hidung dan mulut dengan kantong kertas kemudian bernafaslah secara perlahan. Cara berikut ini dapat membantu melemaskan otot-otot diafragma sehingga cegukan dapat menghilang karena karbon dioksida yang meningkat.

Baca juga artikel lainnya:

Ketahui Tips Mencegah Bau Mulut Saat Puasa

Penyebab Susah BAB Saat Puasa dan Cara Mengatasinya

Penyebab Berat Badan Naik Drastis Saat Puasa

Cara Meningkatkan Kesuburan Alami Dengan Bumbu Dapur