Artikel Terbaru

Diposkan oleh : health pada 4:48 am tanggal July 26, 2017

Salah Posisi Duduk Menjadi Pemicu Varises Di Kaki health.ijomuda.com,- Munculnya varises di kaki tentunya membuat penampilan menjadi terganggu. Urat yang menonjol di kaki tentunya membuat anda kurang percaya diri menggunakan celana pendek ataupun rok pendek. Tidak hanya tonjolan urat saja yang sangat terlihat nyatanya urat berwarna hijau kebiruan pun sangat jelas terlihat. Lalu apa sih yang menjadi penyebab munculnya varises di kaki? simak ulasannya berikut ini.

Varises sendiri merupakan kondisi dimana terjadi pembengkakan di pembuluh darah vena yang terjadi akibat adanya penumpukan darah. Selain gejala varises yang menonjol nyatanya gejala lainnya yang sering kali muncul yaitu kaki terasa lebih berat dan tidak nyaman, adanya pembengkakan di kaki bagian bawah, kram otot kaki, perubahan warna pada kulit, juga kulit kering.

Sebenarnya varises sendiri dapat muncul di area kulit mana saja, namun paling sering muncul di bagian kaki seperti betis. Hal tersebut terjadinya karena pada bagian betis sering kali terkena tekanan saat berjalan maupun berdiri.

Kasus varises ini sering terjadi pada wanita dibandingkan dengan pria. Adapun faktor lainnya yang dapat memicu timbulnya varises di kaki yaitu faktor usia, kehamilan, obesitas, hingga posisi duduk yang salah. Mungkin sebagian dari kita belum mengetahui jika posisi duduk yang salah dapat menjadi pemicu varises di kaki.

Disebutkan oleh dr. Isman Firdaus, SpJP, MD seorang pakar kesehatan spesialis jantung dan pembuluh darah, jika duduk dengan posisi yang salah dapat meningkatkan resiko munculnya varises. Ya kadang kala kita tidak terlalu memperhatikan posisi duduk yang benar asalkan membuat nyaman maka tidak ada masalah.

Sebenarnya posisi duduk yang benar yaitu dengan memposisikan kaki bagian atas dan bawah dalam sudut 45 derajat. Namun banyak diantara kita malah duduk dengan posisi yang sembarang seperti bersila. Bersila memang membuat anda terasa lebih nyaman apalagi untuk anda yang bekerja seharian di depan komputer. Faktanya duduk bersila dalam waktu yang lama dapat menyebabkan alairan darah terganggu. Buktikan saja jika anda sering duduk bersila dalam waktu yang relatif lama maka anda akan mengalami kesemutan itu merupakan salah satu tanda anda mengalami gangguan aliran darah.

Tidak hanya duduk bersila saja nyatanya posisi duduk dengan menumpangkan paha juga dapat memicu varises di betis. Sebenarnya boleh-boleh saja duduk bersila ataupun menumpangkan paha namun ingat pastikan jangan melakukannya terlalu lama untuk mencegah varises muncul. Posisi duduk yang sangat dianjurkan yaitu duduk dengan kaki lurus.

Baca juga artikel lainnya:

Scrub Alami Untuk Menghaluskan Tumit Kaki Kering
Tips Alami Mengatasi Bau Kaki Dengan Jahe
Inilah Penyebab Nyeri Otot Setelah Olahraga
Bahaya Terlalu Banyak Mengkonsumsi Garam Bagi Kesehatan