Artikel Terbaru

Diposkan oleh : health pada 6:49 am tanggal February 13, 2017

Mitos Atau Fakta Manfaat Tauge Tingkatkan Kualitas Sperma Health.Ijomuda.com,- Cara apa saja pasti akan di lakukan semua pasangan suami istri untuk memiliki keturunan. Nah tentunya untuk mewujudkan keinginan mempunyai momongan secepat mungkin faktor kesuburan juga kualitas sperma menjadi hal utama yang harus di persiapkan. Kualitas sperma pria memang sangat berpengaruh terhadap terjadinya kehamilan, maka tidak heran  jika banyak pria rela melakukan cara untuk meningkatkan kualitas sperma salah satunya dengan banyak mengkonsumsi tauge. Tapi apakah benar jika tauge ini memiliki manfaat meningkatkan kualitas sperma atau hanya sebatas mitos semata? Simak ulasannya berikut ini.

Mitos Atau Fakta Manfaat Tauge Tingkatkan Kualitas Sperma

Memang bukan sebuah rahasia lagi jika banyak para pria yang mengkonsumsi tauge untuk meningkatkan kualitas sperma. Banyak pria berharap jika makan tauge bisa memperbaiki kualitas sperma, kuantitas sperma, juga sperma yang sehat sehingga peluang untuk terjadinya pembuahan lebih besar.

Menurut Jansen Ongko, MSc, RD seorang pakar kesehatan dan nutrisi menyebutkan jika sampai saat ini belum ada penelitian yang membuktikan jika tauge memiliki manfaat untuk meningkatkan kualitas sperma. Beliau juga menyebutkan jika ketidaksuburan pria sekitar 30% disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat atau buruk terutama pola makan. Diketahui makanan yang banyak mengandung lemak dan gula memiliki resiko yang sangat berpengaruh buruk pada ketidaksuburan.

Sebenarnya banyak mengkonsumosi tauge nyatanya memiliki manfaat yang sangat bagus untuk melancarkan sistem pencernaan. Mengkonsumsi tauge dapat membantu penyerapan akan kandungan vitamin C, zat besi, dan zinc berjalan secara optimal.

Meskipun ada beberapa pakar kesehatan juga yang menyebutkan jika kandungan vitamin E dan antioksidan pada tauge dapat membantu meningkatkan kualitas sperma. Dengan kandungan vitamin E dan antioksidan pada tauge dipercaya dapat melindungi sel dari efek buruk radikal bebas termasuk di dalamnya sel telur dan sel sperma. Namun hal tersebut nyatanya belum kuat membuktikan jika manfaat tauge memang benar-benar ampuh untuk meningkatkan kualitas sperma pria.

Di samping beberapa kandungan tersebut tauge juga mengandung vitamin B juga kandungan karotenoid yang tinggi namun lagi-lagi hal tersebut belum menjamin secara pasti akan khasiatnya bisa meningkatkan kesuburan.

Karena 30% penyebab ketidaksuburan sperma terletak pada gaya hidup yang buruk terutama  pada pola makan maka para pakar kesehatan banyak menyarankan untuk memperbaiki asupan makanan. Asupan gizi dari berbagai makanan sehat nyatanya dapat meningkatkan kualitas sperma. Dengan mengurangi asupan makanan yang banyak mengandung lemak juga gula, tenntunya makanan dengan kandungan lemak juga gula yang tinggi jika di konsumsi sering makan akan berakibat pada obesitas juga berpengajruh pada hormon estrogen. Obesitas juga hormon estrogen yang tergganggu akan membuat kualitas sperma menurun secara drastis.

Banyak mengkonsumsi buah dan sayur saegar yang kaya akan kandungan vitamin dapat membuat tubuh lebih sehat juga dapat berpengaruh pada pengendalian hormon. Pengendalian hormon yang optimal akan sangat membantu dalam memperbaiki kualita juga kuantitas sperma. Selain dengan memenuhi asupan nutrisi jangan lupa untuk rutin berolahraga juga istrirahat yang cukup hindari terlalu sering begadang.

Baca juga artikel lainnya:

Makanan Terbaik Saat Hamil Agar Bayi Sehat

Cara Menghilangkan Sel Kulit Mati Cepat Dengan Teh Hijau

Kandungan dan Manfaat Daun Tempuyung Bagi Kesehatan

Save

Save

Save