Artikel Terbaru

Diposkan oleh : health pada 6:13 am tanggal September 13, 2017

Mitos Atau Fakta Mandi Malam Menjadi Penyebab Rematik Health.Ijomuda.com,- Penyakit rematik memang sering kali di alami para orang lanjut usia namun tidak menutup kemungkinan anak muda pun dapat terserang. Mungkin bagi penduduk Indonesia tidak asing dengan mitos jika sering mandi malam dapat menjadi penyebab rematik. Namun apakah mitos tersebut benar adanya? untuk lebih jelasnya simak ulasan berikut ini.

Tentu saja anda penasaran akan mitos jika mandi malam dapat menyebabkan rematik atau nyesi sendi. Nyatanya mitos yang beredar di masyarakat dan banyak di yakini tidak terbukti benar. Faktantya tidak ada hubungan antara mandi malam dengan kambuhnya penyakit rematik.

Penyebab pasti rematik yaitu akibat dari tingginya kadar asam urat. Terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung senyawa purin dapat menyebabkan kadar asam urat tinggi. Beberapa makanan yang mengandung purin tinggi yaitu seafood, jeroan, daging merah, dan minuman beralkohol.

Rematik sendiri merupakan penyakit yang menyebabkan rasa sakit di persendian. Rasa sakit tersebut muncul akibat adanya peradangan dan pembengkakan pada sendi.

Adapun gejala penyakit rematik yang sering di rasakan yaitu kelemahan otot, nyeri saat di gerakan, sendi kaku, bengkak dan radang sendi, sensi berbunyi, kontraksi otot, timbulnya nodul atau benjolan, perubahan bentuk, hingga sendi yang goyah. Dan tentunya gejala tersebut akan sangat mengganggu aktifitas sehari-hari terlebih lagi untuk anda yang mempunyai kegiatan sibuk setiap harinya.

Meskipun mandi malam bukan menjadi penyebab rematik, namun para penderita rematik disarankan untuk tidak mandi menggunakan air dingin. Tentunya bukan tanpa alasan nyatanya mandi dengan air dingin terlebih lagi pada malam hari dapat menyebabkan perubahan suhu pada tubuh. Nah akibat dari perubahan suhu dingin tersebutlah bisa membuat lapisan pelindung sendi semakin menciut.

Kaibat dari perubahan suhu yang terlalu dingin maka penyakit rematik biasanya kambuh. Hal tersebut memang dibenarkan oleh Robert Newlin Jamison propesor dari Harvard Medical School.

Tidak hanya itu saja nyatanya mandi malam bisa mempercepat proses penuaan tubuh yang bisa menyebabkan sendi terasa lebih nyeri. Untuk anda yang biasa mandi malam untuk mencegah perubahan suhu dingin pada tubuh sangat disarankan untuk menggunakan air dingin.

Baca juga artikel lainnya:

Manfaat Melakukan Yoga untuk Menghilangkan Nyeri Sendi

Pilihan Makanan Terbaik Untuk Penderita Asam Urat dan Rematik

Inilah Penyebab Nyeri Otot Setelah Olahraga

Bahaya Duduk Terlalu Lama Dam Cara Mengatasinya