Artikel Terbaru

Diposkan oleh : health pada 4:01 am tanggal May 13, 2017

Mitos Atau Fakta Jika Kurang Tidur Sebabkan HipertensiHealth.Ijomuda.com,- Tidur yang cukup setiap harinya nyatanya dapat membuat tubuh lebih sehat dan siap mengawali hari dengan penuh semangat. Para pakar kesehatan menyarankan jika waktu tidur malam yang ideal yaitu 8 jam. Namun tidak semua orang dapat melakukan hal tersebut, nyatanya tidak sedikit orang yang memiliki waktu tidur yang sedikit hingga kacau. Kebiasaan begadang atau bekerja hingga larut malam membuat waktu tidur anda berkurang dan apa dampaknya? Dampak buruk kurang tidur hanya membuat anda kurang fit saat bangun namun juga memicu beberapa penyakit. Hipertensi atau darah tinggi menjadi salah satu penyakit yang muncul saat anda kurang tidur. Apakah hal tersebut benar adanya? simak ulasannya berikut ini.

Sudah disebutkan di awal jika tidur yang cukup memiliki manfaat yang sangat besar bagi kesehatan tubuh. Tidur menjadi cara alami tubuh untuk merawat kesehatan fisik juga mantal. Tidur yang cukup bisa membuat tubuh lebih segar dan fit saat bangun juga siap untuk melakukan kegiatan sehari-hari. Terlebih lagi tidur memiliki manfaat yang bagus untuk anak-anak karena dapat menunjang pertumbuhan anak.

Betapa pentingnya mengatur waktu tidur anda, kekurangan tifur tidak baik kesehatan begitu pila jika kelebihan tidur. Berikut ini beberapa dampak buruk kurang tidur yaitu mudah sakit, performa seks yang menurun, menurunkan daya ingat dan konsentrasi, mempercepat penuaan dini, obesitas, stres, memicu penyakit serius.

Nah berbicara mengenai penyakit, nyatanya kurang tidur yang di lakukan dalam waktu yang cukup lama dapat meningkatkan terkena resiko penyakit serius. Salah satunya yaitu hipertensi atau darah tinggi. Apakah hal tersebut fakta atau mitos semata mari kita perjelas.

Tidur yang kurang bahkan dilakukan secara rutin memang dapat memicu penyakit hipertensi. Meskipun kurang bukan penyebab utama dari penyakit hipertensi namun jika dilakukan secara rutin maka tidak menutup kemungkinan hipertensi akan menyerang anda. Hal tersebut dibenarkan oleh Dr.  Prasna Pramita, SpPD seorang pakar kesehatan dari Rumah Sakit Mayapada, Lebak Bulus, Jakarta beliau menyebutkan jika kurang tidur bisa menyebabkan tekanan darah naik secara signifikan.

Tidak hanya sampai disitu saja bahkan sebuah penelitian di Columbia University tahun 2006 memaparkan jika orang yang tidur selama 5 jam setiap malamnya 2x lipat bisa terkena resiko hipertensi jika dibandingkan dengan orang yang tidur dengan waktu tidur ideal.

Nah sekarang sudah jelas bukan jika kurang tidur memiliki dampak yang buruk bagi kesehatan bahkan memicu timbulnya berbagai penyakit kardiovaskuler seperti jantung dan stroke. Mulai sekarang usahakan untuk tidur malam berkualitas dengan waktu tidur yang ideal yaitu 8 jam.

Baca juga artikel lainnya:

Tips Membantu Anak Terhindar Dari Penyakit Hipertensi

Kebiasaan Buruk Yang Menjadi Penyebab Infeksi Saluran Kemih

Manfaat Bit Dari Penurun Kolesterol Hingga Pembersih Ginjal

Save