Artikel Terbaru

Diposkan oleh : health pada 3:47 am tanggal August 21, 2017

Mengenal Tinea Barbae Infeksi Jamur Di Janggut Pria Health.Ijomuda.com,- Pria memang sering kali sengaja menumbuhkan janggutnya agar terlihat lebih maskulin, tidak sedikit juga kaum wanita yang lebih menyukai pria berjenggot. Janggut sendiri bisa tumbuh pda pria dewasa hingga pria lanjut usia. Banyak pria juga yang berusaha menumbuhkan janggut dengan berbagai cara mulai dari menggunakan bahan alami hingga menggunakan obat penumbuh bulu. Namun sering kali untuk anda kaum pria yang kurang menjaga kebersihan janggut maka resiko terkena infeksi jamur tidak akan terelakan lagi. Infeksi jamur di wajah dan leher pria berjanggut dalam istilah medisnya disebut dengan tinea barbae. Yuk ketahui lebih detail mengenai tinea barbae di bawah ini.

Tinea barbae mungkin akan terdengar asing di telinga anda, tapi jika anda mendengar kurap mungkin sudah tidak asing lagi. Tinea barbae disebut juga dengan kurpa merupakan infeksi jamur yang menyerang kulit dagu, leher, hingga folikel rambut. Penyebab penyakit kulit tinea barbae ini yaitu akibat infeksi jamur golongan Trichophyton serta Microsporum. Penyakit kulit yang sering kali menyerang orang dewasa yang kurang menjaga kebersihan kulit.

Tinea barbae ditandai dengan gejala gatal hingga kulit yang berkerak di leher dan wajah tepatnya dagu. Tidak hanya menyebabkan rasa gatal, gejala lainnya dari penyakit tinea barbae ini yaitu munculnya lingkaran bulat dengan kondisi permukaan kulit bagian dalam tampak sehat namun pingiran dari lingkaran tersebut bersisik. Kulit yang terserang tinea barbae sering kali menyebabkan rambut menjadi rapuh. Ruam akan semakin gatal saat berkeringat tidak jarang juga akan terasa perih karena kulit yang lecet. Dalam kondisi kronis tinea barbae ini dapat menyebabkan kulit yang terinfeksi mengeluarkan nanah. Penyakit tinea barbea ini juga bisa sangat mudah menyerang orang yang memiliki kegiatan peternakan.

Pria yang kurang menjaga kebersihan janggutnya maka besar kemungkinan bisa terserang tinea barbae. Penularan jamur penyebab kurap pada janggut bisa dari handuk, alat pencukur yang dipakai bersamaan, hingga janggut yang tidak di bersihkan secara rutin. Untuk mencegah kulit terserang tinea barbae ada baiknya melakukan beberapa hal berikut ini:

  • Pastikan janggut tetap kering, setelah mandi atau membersihkan janggut segera keringkan menggunakan handuk bersih. Area janggut yang lembab bisa mengundang jamur berkembang.
  • Jaga kebersihan area kulit berjanggut secara rutin dan teratur dengan cara mencucinya minimal satu bulan sekali menggunakan sampo yang mengandung selenium sulfide.
  • Ganti peralatan pribadi secara rutin sisir juga handuk apalagi saat sudah melakukan pengobatan. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah jamur berpindah kembali pada kulit melalui janduk dan sisir
  • Perhatikan kebersihan alat-alat pribadi seperti handuk, sprei, baju. Pastikan untuk menjemur baju di tempat yang jauh dari ternak hewan

Untuk pengobatan tinea barbae yang ringan anda dapat mengoleskan salep anti jamur yang banyak di jual di apotek dan toko obat, namun jika kondidi kulit tidak membaik bahkan semakin meluas ada baiknya melakukan pengobatan ke dokter spesialis kulit. Biasanya dokter akan memberikan sampo beserta obat antijamur.

Baca juga artikel lainnya:

Benarkah Ratus Vagina Bagus Untuk Kesehatan Mis V?

Search panu Manfaat Minyak Argan Rahasia Kecantikan Wanita Arab

Ketahui Bahaya Mencabut Bulu Hidung Bagi Kesehatan

Tips Cara Mengatasi Bibir Gelap Karena Sinar Matahari