Artikel Terbaru

Diposkan oleh : health pada 3:21 am tanggal January 16, 2016

Manfaat Kopi Untuk Kesehatan dan Efek SampingnyaHealth Ijomuda,- Kopi minuman berwarna hitam pekat ini sangat digemari semua kalangan karena mempunyai cita rasa yang unik. Bahkan di daerah-daerah tertentu meminum kopi merupakan sebuah tradisi. Kegemaran orang meminum kopi menjadikan banyak kedai-kedai dan cafe-cafe kopi di setiap sudut kota dan mall. Bahkan semakin banyak perusahaan yang memproduksi kopi instan dalam kemasan yang praktis diseduh kapan saja. Kopi memang terkenal dengan minuman untuk menjaga kantuk dan pertama kali ditemukan pada kambing di pegunungan Afrika yang terjaga semalaman setelah memakan biji kopi meah. Dan dari sanalah asal mula kopi tercipta. Banyak terdengar bahaya mengkonsumsi kopi namun kopi sangatlah bermanfaat jika kita mengkonsumsinya dalam batas wajar.

Manfaat Kopi Untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya

Manfaat Kopi Untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit

Kopi sendiri mengandung nutrisi yang baik untuk tubuh diantaranya:

  • Riboflavin ( Vitamin B2 )
  • Asam Pantotenat (Vitamin B5 )
  • Mangan dan Kalium
  • Magnesium dan Niacin ( Vitamin B3 )

Dan berikut beberapa efek samping kopi yang harus diketahui:

  • Kopi dapat membuat detak jantung berdetak lebih kencang
  • Menyebabkan susah tidur
  • Dilarang untuk penderita asam lambung
  • Dilarang untuk penderita radang usus
  • Tidak cocok dikonsumsi ibu hamil dengan porsi berlebihan
  • Tidak diajurkan mengkonsumsi kopi sebelum atau sesudah olahraga

Manfaat kopi untuk kesehatan dan kecantikan kulit

Meningkatkan stamina
Kandungan kafein pada kopi yaitu sebesar 1-1,5% ternyata sangat berkhasiat untuk meningkatkan stamina juga membuat tubuh segar lebih lama. Adenosin merupakan sel yang menyebabkan rasa ingin tidur serta lelah dan kafein dapat mempengaruhi kinerja sel lebih lambat sehingga tubuh anda akan lebih segar kembali.

Mencegah kanker
Kopi mengandung antioksidan yang dapat mencegah resiko gejala kanker. Kopi dapat menjadi tameng dari resiko penyakit kanker hati dan kanker kolorektal ( kanker usus besar. Bahkan itu memang sudah tebukti dengan adanya penelitian di Jepang pada beberapa wanita yang meminum kopi 2x sehari dan hasilnya resiko kanker usus besar menurun hingga 25%.

Mengurangi resiko penyakit Alzheimer, Parkinson, dan Demensia
Kopi menjadi salah satu minuman yang dapat mengurangi resiko penyakit yang berhubungan dengan degradasi fungsi saraf seperti Alzheimer, Parkison, dan Demensia.

Mengurangi resiko penyakit diabetes
Telah terbukti resiko peyakit diabetes tipe 2 dapat diturunkan sebanyak 50% berkat kopi. Dikarenakan kandungan zat asam klorogenat yang sangat membantu dalam pembentukan insulin.

Membakar lemak
Kandungan kafein merupakan zat alami yang sangat membantu proses pembakaran lemak. Terbukti pembakaran lemak meningkat 10% pada orang dengan obesitas dan 29% pada orang kurus. Dan jelas kafein banyak ditemukan pada suplemen-suplemen pembakar lemak komersial.

Menjaga kesehatan mulut
Kopi dapat membantu dalam mengatasi masalah gigi berlubang, flak dan ifeksi gusi juga mencegah resiko kanker mulut karena kopi memiliki kandungan antibakteria.

Sumber antioksidan
Kopi sendiri menjadi salah satu sumber antioksidan untuk menangkal bahaya radikal bebas yang menyebabkan beberapa masalah penyakit degeneratif.

Mengurangi rasa sakit kepala
Menurut Seimur damobd, MD dari Chicago’s Hadche Clinic kandungan kafein dapat mengurangi rasa sakit kepala. Dengan meminum secangkir kopi hitam penderita sakit kepala atau migren ringan dapat diatasi dengan cepat.

Mengatasi perubahan mood dan depresi
Dengan mengkonsumsi kopi dalam porsi yang wajar maka akan ada banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Kandungan zat kafein pada kopi dapat meningkatkan laju metabolisme dan kinerja jaringan saraf dapat bekerja lebih baik sehingga dapat mengatasi perubahan mood juga depresi.

Perawatan kulit kepala
Kandungan kafein pada kopi sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit kepala pasalnya kandungan antioksidannya menjadi obat anti rontok yang sangat efektif.

Menjadikan kulit kencang
Masker kopi banyak di aplikasikan pada salon juga klinik-klinik kecantikan. Masker kopi sendiri sangat berkhasiat untuk menjadikan kulit lebih kencang juga mengangkat sel kulit mati sehingga kulit akan lebih bersih karena kandungan anti mikrobanya.

Peremajaan Kulit
Pakailah scrub kopi secara rutin dan lihatlah perubahan dari kulit anda. Kulit akan terlihat lebih bercahaya dan sehat karena sel-sel kulit mati terangkat dan berdampak pada peremajaan kulit.

Itulah beberapa manfaat kopi untuk kesehatan dan efek sampinya yang berehasil dihimpun oleh saya semoga bermanfaat untuk anda. Namun perlu anda tahu manfaat kopi memang sangat baik untuk kesehatan namun itu jika dikonsumsi dalam porsi yang tepat.