Artikel Terbaru

Diposkan oleh : health pada 8:34 am tanggal September 4, 2017

Ketahui Tips Mengatasi Puting Susu Sakit Saat Menyusui Health.Ijomuda.com,- Sering kali ibu-ibu mengeluhkan nyeri puting payudara saat menyusui, hal tersebut tentunya menjadi hal yang wajar terutama untuk ibu muda. Ya meskipun bisa dibilang sebagai hal yang wajar tidak sedikit para ibu memilih enggan menyusui sang buah hati. Tentu saja hal tersebut tidak baik dilakukan mengingat ASI merupakan makanan terbaik unuk bayi. Tidak sedikit juga para ibu lebih memilih menyusui secara tidak langsung yaitu dengan cara memompa ASI. Pada dasarnya nyeri puting susu saat menyusui disebabkan oleh posisi bayi menyusu yang tidak benar. Mulut bayi yang tidak menghisap penuh puting payudara bisa menyebabkan puting terasa lebih sakit. Lalu bagaimana cara mengatasinya dan apakah ada penyebab lainnya? simak ulasannya berikut ini.

Selain dari posisi bayi yang salah saat menyusui ada beberapa hal yang bisa menyebabkan puting payudara terasa sakit seperti infeksi jamur, eksim, mastitis payudara, bayi tumbuh gigi, gesekan, alergi, kandidiasis, perubahan hormon, hingga abses payudara. Sebelum memeriksakan ke dokter ada beberapa hal yang bisa ibu lakukan untuk mengatasi puting sakit saat menyusui secara alami yang dapat di lakukan di rumah.

Adapun beberapa cara mengatasi puting payudara sakit saat menyusui secara alami yaitu:

  • Gunakan es batu yang sudah balut dengan kain kemudian kompres puting payudara yang sait secara perlahan guna mengurangi pembengkakan.
  • Selain dengan es batu anda juga dapat menghgunakan air hangat untuk mengkompres puting payudara yang sakit. Untuk meredakan rasa sakit kompres selama 2 sampai 3 menit untuk hasil terbaik lakukan 15 menit sebelum menyusui.
  • Pijat bagian yang nyeri menggunakan bahan alami seperti minyak kelapa. Minyak kelapa merupakan bahan alami yang dapat membantu melembabkan kulit. Pijat payudara menggunakan minyak kelapa bersihkan dan lakukan 15 menit sebelum menyusui.
  • Gunakan daun basil untuk di oleskan pada puting payudara yang sakit. Daun basil di jadikan pasta kental kemudian oleskan pada puiting payudara yang sakit biarkan selama 5 menit kemudian bersihkan. Untuk hasil terbaik lakukan secara rutin 3 kali seminggu.
  • Gel lidah buaya dikenal sebagai bahan alami yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Lidah buaya dapat membantu meredakan nyeri oleskan pada puting payudara secara merata tunggu hingga 15 menit kemudian bilas hingga bersih.
  • Anda juga dapat memanfaatkan ASI untuk mengatasi puiting payudara yang sakit. Caranya sangat mudah pijat lembut payudara menggunakan ASI sebelum menyusui biarkan hingga kering untuk hasil terbaik lakukan secara rutin 2 sampai 3 kli sehari.

Baca juga artikel lainnya:

Penyebab Nyeri Payudara Di Saat Menjelang Menstruasi

Ternyata Kebiasaan Sepele Bisa Membuat Payudara Kendur

Manfaat Khasiat Daun Katuk bagi Ibu Hamil Dan Menyusui