Artikel Terbaru

Diposkan oleh : health pada 8:56 am tanggal June 12, 2017

Ketahui Tips Mencegah Bau Mulut Saat Puasa Health.Ijomuda.com,- Bau mulut sering kali menjadi salah satu masalah yang muncul saat menjalani puasa dan tentunya hal tersebut akan mengganggu kepercayaan diri seseorang saat berbicara. Pada umunya bau mulut disebabkan oleh kondisi mulut yang kering juga kondisi kesehatan mulut yang kurang terjaga. Namun jangan khawatir ya karena nyatanya anda dapat mencegah bau mulut saat puasa dengan beberapa tips di bawah ini.

Saat puasa tentunya di siang hari kita tidak makan dan minu kondisi tersebut tentunya dapat berpengaruh pada ketidakseimbangan asam basa di mulut yang menyebabkan bau mulut. Selain karena mulut yang kering nyatanya adanya masalah pada rongga mulut juga dapat memperparah kondisi bau mulut pada seseorang seperti gigi berlubang  hingga penumpukan karang gigi. Beberapa penyakit juga dapat menyebabkan bau mulut seperti refluks lambung juga sinusitis. Jangan lupa juga nyatanya asupan makanan tertentu juga dapat menyebabkan bau mulut saat puasa.

Karena bau mulut dapat mengganggu kepercyaan diri maka dari itu hal tersebut harus segera diatasi. Dan berikut ini beberapa cara mencegah bau mulut pada saat puasa yang bisa anda lakukan.

Jaga kebersihan gigi
Untuk mencegah timbulnya bau mulut saat puasa sangat penting sekali menjaga kebersihan gigi. sangat disarankan untuk menyikat gigi 2x sehari sebelum tidur dan setalah sahur. Cara ini dikatakan menjadi hal termudah untuk menghilangkan bau mulut. Anda juga dapat menggunakan benang gigi untuk membersihkan sisa-sisa makanan. Jangan lupa bersihkan juga lidah anda.

Konsumsi air putih
Air putih memang memiliki manfaat yang sangat besar bagi kesehatan tubuh. Selain mencegah dehidrasi nyatanya minum air putih dapat mencegah bau mulut saat puasa. Dengan minum air putih secara cukup setidaknya 8 gelas per hari dapat mencegah kekeringan pada mulut. Kondisi mulut yang kering dapat menyebabkan bau mulut. Dan tahukan anda jika minum air putih juga dapat membantu menghilangkan berbagai bakteri di rongga mulut.

Hindari merokok
Merokok memang tidak memberikan manfaat bagi kesehatan termasuk kesehatan rongga mulut. Merokok nyatanya dapat membuat nafas menjadi tidak sedap karena rokok mengandung zat kimia yang dapat bertahan lama di dalam rongga mulut. Terlebih lagi merokok dapat meningkatkan resiko penyakit mulut lainnya seperti kanker mulut juga peradangan pada gusi.

Hindari minuman berkafein
Minuman berkafein baik kopi, minuman bersoda, juga minuman berenergi nyatanya dapat membuat nafas menjadi tidak sedap. Diketahui kopi mengandung sulfur yang dapat menyebabkan bau mulut ditambah lagi kandungan kafein dapat membuat mulut lebih kering.

Hindari makanan penyebab bau mulut
Saat puasa tentunya sangat penting memperhatikan asupan makanan yanag di konsumsi. Makanan yang memiliki aroma kuat seperti pete, bawang putih, bawang merah, hingga makanana pedas sebaiknya dihindari. Nyatanya beberapa makanan tersebut dapat menyebabkan bau mulut saat puasa.

Baca juga artikel lainnya:

Trik Mencegah Supaya Gigi Anak Balita Tidak Berlubang

Bahaya Menggunakan Behel Imitasi untuk Kesehatan