Artikel Terbaru

Diposkan oleh : health pada 4:15 am tanggal August 23, 2017

Ketahui Penyebab Badan Gatal-gatal Di Malam Hari Health.Ijomuda.com,- Rasa gatal tentunya sangat mengganggu apalagi di malah hari saat anda akan beristirahat. Tidak sedikit orang yang terganggu saat gatal muncul di malam hari, bahkan ada juga yang mendadak terbangun karena rasa gatal yang menjadi-jadi. Terjaga sepanjang malam karena badan gatal-gatal nyatanya menyebabkan waktu tidur anda terbuang sia-sia, alhasil pagi harinya anda merasakan badan terasa lesu karena kurang tidur. Namun apa sih yang menjadi penyebab badan gatal-gatal di malam hari dan bagaimana cara mengatasinya? simak ulasannya berikut ini.

Banyak faktor yang bisa menjadi penyebab gatal mulai dari alergi, penyakit kulit, gigitan serangga, penyakit liver, anemia, tiroid, diabetes, hingga kondisi psikologis. Namun apa jadinya jika gatal muncul ssecara tiba-tiba di malam hari. Faktanya ada beberapa penyebab badan gatal-gatal di malam hari yang wajib anda ketahui.

Kondisi kulit kering
Kulit kering nyatanya bisa menjadi penyebab gatal di tubuh. Faktanya pada malam hari kondisi kulit akan cenderung lebih kering. Tentunya bukan tanpa alasan faktanya pada malan hari suhu akan menurun dan menjadi lebih dingin. Kulit kering atau xerosis dapat memicu rasa gatal, bersisik, hingga pecah-pecah.

Waktu biologis tubuh
Jam biologis tubuh yang berudah di malam hari bisa menyebabkan tubuh terasa gatal. Pada dasarnya pada malam hari tubuh bekerja memproduksi sitokin jenis protein yang memiliki efek memperburuk peradangan. Tubuh sendiri memproduksi hormon kortikosteroid merupakan hormon untuk melawan peradangan namun pada malan hari hanya di produksi dalam jumlah yang sedikit. Maka tidak heran jika badan akan tiba-tiba terasa gatal di malam hari. Selain gatal biasanya disertai gejala lainnya seperti bengkak hingga kulit yang memerah.

Gatal semakin terasa pada malam hari
Pada dasarnya anda juga mengalami gatal di pagi dan malam hari namun tidak terlalu terasa. Namun pada malam hari rasa gatal malah semakin sangat terasa. Itu bisa terjadi mungkin pada saat pagi dan siang hari anda terlalu sibuk bekerja atau melakukan kegiatan sehingga gatal tidak terlalu terasa. Berbeda pada malam hari saat anda tidak melakukan kegiatan apapun maka gatal akan sangat terasa.

Nah untuk mencegah hingga meredakan gatal di malam hari ada beberapa hal yang bisa anda lakukan seperti:

  • Gunakan pelembab (body lotion) setelah mandi atau sebelum tidur
  • Atur suhu ruangan atau kamar tetap sejuk dan lembab anda juga dapat menggunakan pelembab udara atau humidifier
  • Pakai baju tidur yang nyaman berbahan katun
  • Hindari mandi menggunakan air panas di malam hari, cukup gunakan air hangat suam-suam kuku
  • Hindari menggunakan produk yang bisa menyebabkan iritasi kulit sebelum tidur
  • Kompres kulit yang gatal menggunakan air dingin
  • Oleskan salep perada gatal
  • Konsumsi obat alergi

Jika gatal tidak hilang setelah melakukan beberapa cara diatas malah semakin parah segera lakukan pemeriksaan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang cepat dan tepat.

Baca juga artikel lainnya:

Benarkah Ratus Vagina Bagus Untuk Kesehatan Mis V?

Ketahui 7 Pembersih Alami Untuk Kulit Wajah Ini

Konsumsi Makanan Berikut Ini Untuk Mengatasi Alergi

Mengenal Tinea Barbae Infeksi Jamur Di Janggut Pria