Artikel Terbaru

Diposkan oleh : health pada 1:40 am tanggal March 31, 2017

Ketahui Bahayanya Terlalu Sering Menahan Kentut Health.Ijomuda.com,- Kentut memang dapat membuat perut lebih nyaman dan tidak kembung, dan hal tersebut merupakan proses alami tubuh. Namun untuk sebagaian besar orang kentut di anggap hal yang sangat memalukan jika dilakukan di depan umum atau kerumunan banyak orang. Bau dari kentut memang bisa membuat orang tidak nyaman, dan wajar saja jika banyak orang yang memilih menahan kentutnya jika berada di tempat ramai atau depan umum. Namun tahukah anda jika terlalu sering menahan kentut memiliki dampak buruk bagi kesehatan terutama untuk kesehatan sistem pencernaan. Nah apa saja bahayanya simak ulasannya lengkapnya berikut ini.

Diketahui kentut mengandung gas hidrogen sulfida dari saluran pencernaan akibat dari adanya gas tersebut menjadikan bau kentut sangat menyengat. Sudah dikatakan sebelumnya jika menahan kentut efek buruk yang langsung dapat di rasakan yaitu perut terasa kembung dan tidak nyaman. Beberapa dampak buruk lainnya yaitu dapat berpengaruh pada ksehatan usus besar. Banyak faktor yang menjadi penyebab dari kentut seperti akibat mengkonsumsi makanan berlebih yang mengandung gas seperti kubis, efek dari mengkonsumsi obat-obatan tertentu, sembelit dan ingin buang air besar, juga akibat dari masuk angin.

Apapun penyebab dari kentut banyak pakar ahli kesehatan yang tidak menyarankan bahkan tidak setuju jika seseorang sering menahan kentut. Terlalu sering menahan kentut dapat meningkatkan resiko terkena penyakit wasir hingga usus yang membesar. Dan berikut ini beberapa bahaya terlalu sering menahan kentut bagi kesehatan.

Perut kembung
Hal pertama yang akan di rasakan seseorang jika menahan kentut yaitu perut kembung. Perut kembung tentunya membuat anda kurang nyaman. Bahkan bisa membuat anda terus bersendawa dan perut begah. Gas yang seharusnya dikeluarkan pada saat kentut akan menumpuk di saluran cerna akibatnya anda akan merasakan perut kembung yang tidak nyaman.

Kram perut
Kram perut nyatanya dapat muncuk akibat dari terlalu sering menahan kentut. Nyatanya kelebihan gas di dalam perut tidak hanya dapat membuat anda merasakan perut kembung saja namun juga kram perut. Kram perut yang mungkin anda rasakan seperti perut melilit.

Nafsu makan menurun
Akibat dari perut kembung yang membuat anda tidak nyaman maka besar kemungkinan anda akan kehilangan nafsu makan. Perut kembung dan begah bisa membuat perut anda terasa lebih penuh maka tidak heran jika anda kurang berselera saat makan.

Wasir
Mungkin sebagian orang belum mengetahui jika terlalu sering menahan kentut dapat meningkatkan resiko terkena wasir. Menahan kentut secara berlebihan dapat memicu pelebaran atau peregangan otot dubur. Apalagi jika hal tersebut terjadi dalam kurun waktu yang lama makan tidak heran jika pembuluh darah disekitar dubur dapat melebar dan menyebabkan penyakit wasir.

Bau kentut semakin membusuk
Bau kentut memang menyengat dan dapat mengganggu kenyamanan orang. Namun tahukah anda jika menahan kentut malah akan membuat bau kentut semakin tajam. Gas hidrogen sulfida yang semakin menumpuk pada saluran cerna dapat meningkat dan menyebabkan bau kentut semakin berbau busuk saat di keluarkan nantinya.

Mungkin untuk sebagain orang menahan kentut tidak akan menyebabkan hal berbahaya dan di anggap sepele, namun tentunya anda sekarang sudah tahu bukan apa saja bahayanya. Kentut merupakan proses alami dari tubuh yang tidak hanya dapat membuat anda lebih lega namun juga dapat mencegah berbagai penyakit. Bahkan bau kentut bisa mengidentifikasi adanya masalah dalam tubuh anda. Dan jika anda berada dalam tempat yang ramai ada baiknya anda menyingkir atau mencari tempat yang sepi untuk mengeluarkan gas agar tidak mengganggu kenyamanan orang lain.

Baca juga artikel lainnya:

Buah Yang Dapat Melancarkan BAB

Makanan Sehat Yang Dapat Mengganggu Pencernaan dan Usus

Save

Save