Artikel Terbaru

Diposkan oleh : health pada 12:50 pm tanggal August 18, 2017

Ketahui Bahaya Terlalu Sering Pakai Softlens Atau Lensa Kontak Health.Ijomuda.com,- Selain dengan kacamata untuk membantu memperjelas penglihatan orang sering kali memakai softlens atau lensa kontak. Tidak hanya dipakai oleh orang yang memiliki gangguan penglihatan saja nyatanya softlens menjadi pilihan untuk menunjang penampilan.

Ya jenis softlens yang beragam mulai dari motif hingga warna memang dapat mempercantik mata. Bahkan saat ini sangat mudah mendapatkan softlense karena banyak di jual mulai dari optik hingga online. Harganya pun beragam mulai dari harga yang murah hingga harga yang mahal. Namun tahukah anda dibalik keindahan softlens terdapat bahaya bagi kesehatan mata terlebih jika anda kurang mejaga kebersihan lensa kontak hingga pemasangan softlen yang salah. Dan berikut ini beberapa bahaya softlen yang wajib anda ketahui.

Pada awalnya softlen menjadi salah satu media untuk membantu gangguan penglihatan. Softlen sendiri merupakan silikon yang lentur berbentuk bulat seperti mangkuk yang peggunaannya diletakan di depan kornea mata. Softlen menjadi pilihan untuk anda yang tidak terlalu nyaman menggunakan kacamata. Namun memang tidak disarankan untuk menggunakannya setiap hari.

Tidak hanya orang yang mengalami gangguan penglihatan saja nyatanya orang dengan penglihatan normal masih tetap ingin memakainya. Ya lensa tidak hanya hadir dengan warna bening polos saja, namun juga hadir dalam motif yang beragam hingga warna yang banyak. Tidak heran banyak yang tertarik menggunakannya karena dapat membantu mempercanti mata. belum lagi diameter softlen yang beragam mulai dari yang normal hingga yang berdiameter besar menjadikan mata semakin terlihat cantik dan tajam.

Dibalik keindahannya nyatanya tidak sedikit wanita yang merasakan efek negatif penggunaan softlen. Berikut ini beberapa bahaya terlalu sering menggunakan softlens yaitu:

  • Mata kering
  • Inflamasi atau peradangan pada mata
  • Alergi
  • Kelopak mata mengalami inflamasi hingga benjolan
  • Meningkatkan resiko infeksi pada mata
  • Meningkatkan resiko penyakit mata katarak

Sangat disarankan unuk segera berhenti memakai softlens jika merasakan beberapa gejala seperti mata berair, keluarnya banyak kotoran, mata merah dan gatal, hingga rasa tidak nyaman pada mata. Sebenarnya penggunaan softlens memang aman jika mengikuti aturan pemakaian hingga perawatan yang benar.

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan bahaya dari penggunaan softlens seperti memakai softlens hingga tertidur, menggunakan softlens bersama dengan orang lain, tidak membersihkan softlens dengan cairan khusus, hingga penggunaan softlens dan cairan soflens yang kadaluarsa.

Baca juga artikel lainnya:

Cara Mengatasi Mata Lelah Secara Cepat dan Mudah

Mengejutkan Inilah Manfaat Madu Untuk Kesehatan Mata

Manfaat Luar Biasa Kacang Almond Untuk Kesehatan Mata