Artikel Terbaru

Diposkan oleh : health pada 3:02 am tanggal February 20, 2017

Ketahui Bahaya Radiasi Handphone Bagi Kesuburan PriaHealth.Ijomuda.com,- Handphone atau ponseel memang saat ini tidak bisa di pisahkan dari kehidupan seseorang. Kebutuhan akan ponsel pintar terus saja meningkat setiap tahunnya, apalagi saat ini banyak ponsel yang di lengkapi dengan berbagai fitur berteknolgi canggih yang semakin membuat orang betah berlama-lama memainkannya. Namun di balik teknologi canggihnya nyatanya handphone memiliki efek radiasi yang cukup besar. Dan radiasi handphone sudah sejak lama di ketahui dapat mengganggu kesehatan termasuk berpengaruh pada kesuburan pria. Namun apakah hal tersebut mitos atau fakta simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Bahaya Radiasi Handphone Pada Kesuburan Pria

Memang bukan berita baru lagi jika radiasi ponsel memiliki efek buruk bagi kesehatan namun banyak orang yang seakan tutup mata akan bahaya radiasi ponsel ini. Akhir-akhir ini diketahui jika radiasi ponsel juga memiliki efek buruk bagi kesuburan pria. Ponsel yang semakin canggih tentuntya peningkatan elektromagnetiknya pun semakin besar. Dan faktanya gelombang elektromagnetik yang semakin besar maka dapat berpengaruh pada kesuburan.

Diketahui gelombang elektromagnetik yang rendah saja bisa sangat berpengaruh pada fase polarisasi membran sel. Fase polarisasi ini memiliki peran yang sangat penting dalam proses spermatogenis atau pembentukan sel sperma pada pria. Menurunnnya kualitas sperma diakibatkan oleh adanya gangguan pada fase polarisasi yang tidak optimal yang menyebabkan sel sperma rusak. Kualitas sel sperma yang menurun tentunya akan sangat berpengaruh pada proses pembuahan.

Bahkan sebuah penelitian yang di lakukan pada tahun 2005 memparakan jika pria yang sering menaruh HP di saku celana memiliki sedikit jumlah sperma aktif. Tidak hanya itu seorang peneliti dari University of Exeter, Dr Fiona Matthews ikut memaparkan jika pergerakan sperma atau motilitas sperma dapat ikut terpengaruh oleh radiasi ponsel apalagi jika ponselnya di taruh di saku celana. Beliau juga menambahkan jika radiasi yang terlalu dekat organ intim bisa menyebabkan menurunnya kualitas sel sperma hingga 90%.

Kebiasaan menaruh HP di kantong celana dapat membuat suhu di area sekitar testis meningkat dan tentu saja jika hal tersebut berlangsung lama maka akan sangat berpengaruh pada kesuburan pria.Suhu yang meningkat di area sekitar testis dari ponsel dapat berpengaruh pada pembentukan sel sperma sehingga kualitas sperma dapat menurun secara drastis. Tidak hanya dalam masalah penyimpanannya saja, diketahui berbicara melalui ponsel lebih dari 4 jam setiap harinya juga ikut andil dalam menurunkan jumlah sperma.

Radiasi handphone memang mempunyai akibat buruk bagi kesehatan. Dan pengaruh radiasi ponsel bagi kesuburan tentuna bukan hanya isapan jempol semata kini sudah banyak penelitain yang berkaitan dengan efek radiasi ponsel bagi kesuburan. Maka dari itu lebih bijaklah menggunakan ponsel dan pastikan tidak menaruh handphone di saku celana anda mulai dari sekarang.

Baca juga:

Bahaya Radiasi Ponsel Saat Tidur Untuk Kesehatan Tubuh

Dampak Positif dan Negatif Operasi Plastik Yang Perlu Diketahui

Efek Negatif Dari Terlalu Berlebihan Menggunakan Internet

Save

Save

Save