Artikel Terbaru

Diposkan oleh : health pada 12:04 am tanggal June 23, 2017

Ketahui Bahaya Mencabut Bulu Hidung Bagi Kesehatan Health.Ijomuda.com,- Penomena bulu hidung yang keluar tentunya bukan hal baru lagi untuk di katakan. Tidak sekdikit yang merasakan hal ini dan tidak sedikit juga yang merasa jijik saat menemukan bulu hidung yang keluar. Terlebih lagi nyatanya bulu hidung yang keluar dapat merusak penampilan terbaik anda terutama untuk lkaum wanita. Dan cara untuk mengatasinya dengan cepat yaitu dengan mencabut bulu hidung secara paksa. Meskipun terlihat sepele nyatanya beberapa pakar kesehatan menjelaskan jika mencabut bulu hidung berdampak buruk bagi kesehatan.

Mencabut bulu hidung untuk sebagian orang sudah menjadi kebiasaan yang sering di lakukan. Banyak juga yang belum memahami jika terlalu sering mencabut hidung memiliki efek buruk bagi kesehatan. Tahukah anda apa itu fungsi bulu hidung? faktanya bulu hidung memiliki fungsi untuk melindungi tubuh dari serangan infeksi juga bakteri. Bulu hidung dapat menyaring berbagai patogen dalam udara yang akan masuk kedalam paru-paru tidak hanya itu bulu hidung juga dapat meyaring udara dari berbagai kotoran juga kuman yang akan masuk kedalam paru-paru.

Bukan main-main bahkan menurut dr. Erich Voigt dari New York University di Amerika Serikat seorang pakar kesehatan otolaringologi dan penyakit THT hingga kepala dan leher menyarankan untuk tidak mencabut bulu hidung yang keluar. Tentu saja bukan tanpa alasan kebiasaan mencabuti bulu hidung dapat menyebabkan infeksi serius karena kuman dan bekteri akan lebih mudah masuk. Sudah disebutkan sebelumnya jika bulu hidung berfungsi untuk meyaring berbagai kotoran dari udara hingga patogen juga kuman yang akan masuk kedalam tubuh terutama paru-paru.

Adapun beberapa bahaya mencabut buu hidung lainnya yang wajib anda ketahui:

  • Pendarahan ringan
  • Infeksi otak
  • Infeksi
  • Jerawat hidung
  • Perforasi septum atau kerusakan pada lubang hidung
  • Mimisan

Untuk mencegah berbagai kondisi diatas ada baiknya merawat bulu hidung dengan benar. Untuk mengatasi bulu hidung yang keluar lebih baik di potong daripada di cabut. Pastikan untuk menggunakan gunting yang bersih agar terhindar dari infeksi bakteri ataupun kuman yang akan masuk kedalam lubang hidung cara ini di katakan lebih aman, sehat, juga bebas nyeri. Meskipun mencabut bulu hidung terlihat sebagai kebiasaan yang sepele namun jika di lihat dari efek buruknya bagi kesehatan sepatutnya sudah di hindari mulai sekarang.

Baca juga artikel lainnya:

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat pada Bayi dengan Aman

Bahaya Sulam Alis dan Bibir Ternyata Mengerikan

Kebiasaan Buruk Yang Menjadi Penyebab Infeksi Saluran Kemih