Artikel Terbaru

Diposkan oleh : health pada 8:46 am tanggal June 19, 2017

Ketahui Bahaya Konsumsi Aspirin Bagi Orang TuaHealth.Ijomuda.com,- Aspirin menjadi obat tertua di dunia yang sudah banyak di gunakan sejak lama. Aspirin sendiri sudah sejak lama di gunakan sebagai obat untuk mengatasi rasa sakit yang terbuat dari daun willow. Namun seiring berkembangnya zaman dan begitu banyak penelitian yang di lakukan pada obat aspirin kini obat ini menjadi obat yang memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Meskipun bisa di bilang obat aspirin ini multifungsi namun anda juga harus berhati-hati karena faktanya obat asipirin ini memiliki efek samping terutama untuk orang tua.

Ketahui Bahaya Konsumsi Aspirin Bagi Orang Tua

Obat aspirin juga disebut dengan asam asetil salisilat yang memiliki beberapa fungsi untuk mengatasi beberapa keluhan kesehatan. Beberapa fungsi kobat aspirin yaitu dapat membantu menurunkan suhu tubuh saat demam, mengatasi perdangan, meredakan rasa nyeri, juga pengencer darah.

Selain itu nyatanya obat aspirin ini memiliki efek yang sangat bagus untuk menurunkan resiko penyakit jantung. Terutama untuk orang yang memiliki riwayat serangan jantung juga stroke. Meskipun banyak manfaat aspirin bagi kesehatan, namun jika mengkonsumsinya dalam dosis tinggi maka bisa menyebabkan beberapa efek samping.

Diketahui efek samping dari mengkonsumsi aspirin yaitu pendarahan pada organ dalam, penimbunan lemak di otak, hati, juga organ lainnya pada anak-anak, juga sangat tidak di anjurkan bagi ibu hamil karena dapat menyebabkan kelainan pada janin seperti berat badan janin yang kurang hingga penyakit jantung bawaan.

Lalu bagaimana dengan orang tua? apakah aspirin ini aman di konsumsi orang tua? Meskipun belum dipelajari lebih jauh lagi nyatanya menurut penelitian yang di lakukan di Oxford University oleh Peter Rothwell seorang profesor neurologi. Penelitian melibatkan 3000 orang yang memiliki riwayat serangan jantung atau stroke juga di beri obat aspirin . Ditemukan jika penggunaan obat asipirin setelah 10 tahun dapat meningkatkan resiko timbulnya bisul hingga pendarahan pada orang tua yang berumur 75 tahun lebih.

Diketahui juga resiko pendarahan pada orang tua di nilai lebih parah daripada anak muda. Mungkin efek samping aspirin pada anak muda berupa pendarahan pada organ tubuh dapat diatasi lebih mudah. Namun berbeda dengan orang tua dimana pendarahan yang terjadi dapat menyebabkan komplikasi yang lebih serius.

Untuk mendapatkan manfaat dari aspirin ada baiknya anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Dosis hingga penggunaan aspirin setiap hari karena besar kemungkinan anda tidak akan mendapatkan manfaatnya melainkan efek sampingnya saja.

Adapun menurut American Heart Association dan U.S. Preventive Services Task Force mengatakan jika penggunaan aspirin lebih baik di rekomendasikan bagi orang yang tidak memiliki masalah jantung namun memiliki resiko terkena penyakit jantung. Sedangkan menurut FDA penggunaan aspirin sangat tidak di rekomendasikan di konsumsi setiap hari bagi anda yang tidak memiliki riwayat penyakit jantung.

Baca juga artikel lainnya:

Apa Kegiatan Fisik Untuk Manula Agar Terhindar Dari Penyakit Jantung

Efek Buruk Rokok Elektrik Bisa Sebabkan Penyakit Jantung

Beberapa Makanan Sehat dan Terbaik Untuk Jantung Anda

Pertolongan Pertama Pada Penderita Stroke Sebelah Kiri