Artikel Terbaru

Diposkan oleh : health pada 1:52 am tanggal September 9, 2016

Ketahui Alasan Mengapa Wanita Harus Tidur 7 Jam Sehari health.ijomuda.com,- Tidur menjadi waktu anda untuk beristirahat setelah sepanjang hari melakukan berbagai kegiatan. Namun apakah anda tahu berapa waktu ideal yang di butuhkan oleh wanita? Ya untuk sebagian orang ada yang berpendapat jika kebutuhan tidur seharinya yaitu 8 jam, namun ada juga yang mengatakan 7 jam. Tidur menjadi salah satu kegiatan yang sangat penting, peranannya sangat berpengaruh pada kesehatan. Apalagi untuk wanita yang bekerja kebutuhna tidur yang cukup sangatlah penting, tidur menjadi prioritas utama untuk anda para wanita pekerja.

ketahui-alasan-mengapa-wanita-harus-tidur-7-jam-sehari

Sebagian dokter menganjurkan wanita lebih memperhatikan kualitas tidurnya karena tidur dengan waktu yang ideal setiap harinya dapat mencegah wanita terkena kanker payudara. Waktu tidur yang ideal dan kualitas tidur yang baik dapat meremajakan tubuh dan mencegah berbagai penyakit seperti stroke, jantung, dan keseimbangan berat badan. Jumah waktu ideal tidur untuk wanita yaitu 7 jam, untuk wanita pekerja minimal 7 jam waktu tidur harus anda prioritaskan. Kebanyakan para wanita menganggap jika waktu tidur yang tidak tercukupi tidak akan menyebabkan gangguan kesehatan apapun, sehingga para wanita cederung tidak mempedulikannya. Apalagi untuk wanita yang sering tidur larut malam sampai begadang dalam jangka awaktu panjang maka tanpa disadari berbagai macam gangguan kesehatan mulai muncul.

Seperti halnya makanan, tidur juga sangat penting untuk kesehatan anda. Jika anda kekurangan tidur maka dapat mempengaruhi baik itu fisik, mental, juga  emosional. Tidak hanya itu untuk wanita yang bekerja juga dapat memuat produktifitas dan kreatifitas anda terganggu. Berikut ini beberapa alasan mengapa wanita harus tidur selama 7 jam dalam sehari seperti yang di lansir di boldsky.

Kelelahan
Kualitas tidur yang baik tentunya akan sanggat berpengaruh terhadap perawatan biologis. Tentunya hal ini akan membuat anda lebih segar besok harimya. Namun jika anda kekurangan tidur apa yang terjadi? Ketika anda bangun di besok harinya maka anda akan merasa lelah. Tidur setidaknya minimal 7 jam dalam sehari untuk wanita dapat mengembalikan energi.

Cepat marah
Untuk anda yang kurang tidur tentunya sering merasakan emosi yang tidak terkendali. Saat anda kurang tidur, secara otomatis otak tidak akan berfungsi dengan baik dan kemampuan kognitif anda terganggu. Hal tersebut membuat anda lebih cepat kesa dan marah. Waktu tidur yang terpenuhi dan berkualitas dapat membantu mood menjadi lebih baik.

Menurunkan imunitas tubuh
Imunitas atau kekebalan tubuh sangat di perlukan sebagai anti bodi yang dapat melindungintubuh dari berbagai virus penyakit. Tahukah anda, jika pada saat anda tidur secara alami tubuh akan menghasilkan antibodi sitokin yang dapat membantu dalam meningkatkan imunitas tubuh. Namun apa jadinya jika anda kuramng tidur, tubuh akan lebih sedikit menghasilkan antibodi bahkan dapat menurkunkan imunitas tubuh. Jika hal itu terjadi maka anda akan lebih rentan terserang penyakit.

Meningkatnya resiko masalah pernapasan
Masih ada hubungannya dengan imunitas tubuh, saa anda kurang tidur dan imunitas menurun maka anda akan lebih beresiko terserang penyakit. dan sala satu penyakit yang sangat mudah menular pada saat imunitas rendah yaitu penyakit pada pernapasan.

Berat badan
Kurang tidur juga dapat mempengaruhi berat badan seorang wanita. Kurang tidur dapat menyebabkan menurunnya senyawa Eptin yaitu senyawa yang membuat anda merasa kenyang. Sebalinya zat ghrelin dapat meningkat yaitu zat yang dapat merangsang hormon yang menyebabkan merasa lapar. Maka dari itu wanita yang kurang tidur lebih beresiko memiliki berat badan yang lebih dan beresiko mengalami kegemukan.

Meningkatkan resiko diabetes
Diabetes menjadi salah satu penyakit jyang banyak dialami. Tidak hanya di sebabkan dari makanan saja, ternyata kurangnya tidur dapat meningkatkan resiko seseorang terkena diabetes tipe 2. Pada saat anda kurang tigdur secara otomatis tubuh akan melepaskan insulin yang lebih banyak dari tingkat yang dibutuhkan. Hal tersebut dapat meningkatkan anda terkena penyakit diabetes.

Meningkatkan resiko penyakit jantung
Sudah disebutkan sebelumnya jika kualitas tidur dan waktu tidur yang buruk akan menyebabkan kesehatan jantung terganggu. Alasannya waktu tidur yang ideal akan sangat membantu salam menyehatkan jantung dan pembuluh daraj secara alami. Pada saat anda kekurangan tidur dalam jangka waktu yang panjang maka akan sangat fatal akibatnya yaitu dapat meningkatkan resiko anda terkena penyakit jantung. Sebuah study di Eropa menemukan 48% dari 475.000 orang memiliki resiko terkena penyakit jantung koroner akibat dari kurang tidur.

Meningkatkan resiko hipertensi
Hipertensi atau tekanan darah tinggi memang banyak di derita orang yang sudah berumur. Namun sekarang siapa saja dan umur berapa saja bisa terkena penyakit yang satu ini. Waktu tidur yang buruk dapat mempenagruhi keinerja dari pembuluh darah dan menyebabkan resiko terkena penyakit hipertensi. Jika tekanan darah tinggi maka kadar kolesterol dalam darah pun akan meingkat. Sebaliknya waktu tidur yang terpenuhi dan berkualitas dapat membuat pembuluh berfungsi secara normal dan membantu dalam pembentukan pembuluh darah.

Konsentrasi menurun
Pada saat anda mendapatkan kualitas tidur yang baik dan waktu tidur yang ideal maka akan membuat anda lebih segar ketikan bangun. Anda akan lebih siap untuk menjalani pekerjaan esok harinya. Secara alami perawatan bilogis terjadi pada saat anda tidur dan sangat mempenagruhi mental dan emosional. Kurang tidur membuat anda merasa lelah pada saat bangun dan dapat menurunkan konsentrasi.

Depresi
Depresi menjadi salah satu akibat terburuk dari kurang tidur. Jika anda hal itu berlanjut dalam jangka waktu yang panjang maka akan menyebabkan resiko pengembangan dari depresi. Waktu tidur yang ideal dapat membantu mengurangi kadar setres.

Save