Artikel Terbaru

Diposkan oleh : health pada 3:40 am tanggal April 24, 2017

Kebiasaan Buruk Yang Menjadi Penyebab Infeksi Saluran KemihHealth.Ijomuda.com,- Penyakit infeksi saluran kemih merupakan penyakit dimana adanya infeksi pada saluran kemih seperti pada ginjal, kandungn kemih, uretra, juga ureter. Penyebab pasti dari infeksi saluran kemih yaitu bakteri Escherichia coli atau E. coli yang hidup pada usus besar. Pembersihan yang kurang baik setelah buang air besar atau kecil dapat meningkatkan resiko bakteri Escherichia coli atau E. coli masuk kedalam saluran kemih. Tidak hanya itu diketahui 80% penyebab ISK pada wanita yaitu dari hubungan seksual. Dan perlu anda tahu jika penyakit ISK ini bisa menyerang siapa saja namun wanita lebih rentan terserang ISK karena memiliki uretra yang lebih pendek. Lalu apa saja kebiasaan buruk lainnya yang bisa menyebabkan ISK? simak ulasannya berikut ini.

Kebiasaan Buruk Yang Menjadi Penyebab Infeksi Saluran Kemih

Infeksi saluran kemih tentunya harus diabikan atau disepelekan, nyatanya penyakit yang satu ini bisa menyebabkan resiko penyakit lainnya jika terlambat diatasi. Infeksi saluran kemih yang tidak diobati secara cepat dapat menyebabkan komolikasi seperti gangguan pada ginjal, penyempitan uretra pada pria, meningkan kelahiran prematur pada ibu hamil dan janin lahir dengamn berat badan rendah, juga sepsis.

Beberapa gejala dari infeksi saluran kemih yaitu lebih sering buang air kecil tidak tertahankan, sakit dan perih saat buang air kecil, Bau urine yang menyengat, warna urine keruh hingga bercampur darah, sakit perut bagian bawah dan atas, urine tidak keluar sepenuhnya, juga tekanan pada panggul.

Tentunya anda wajib waspada dari penyakit infeksi saluran kemih karenan nyatanya bisa menyebabkan komplikasi serius. Dan berikut ini beberapa kebiasaan buruk yang bisa menyebabkan infeksi saluran kemih.

Dehidrasi
Dehidrasi atau kekurangan cairan nyatanya tidak hanya dapat membuat tubuh anda menjadi lemah namun juga dapat meningkatkan resiko terkena ISK. Saat tubuh mengalami dehidrasi maka secara otomatis produksi urine juga akan berkurang. Dari sanalah maka resiko terkena ISK akan semakin meningkat. Dengan buang air kecil yang sering maka akan memudahkan berbagai bakteri dan kuman keluar melalui urine. Jika buang air kecil jarang maka besar kemungkinan bakteri di saluran kemih akan menumpuk dan menyebabkan infeksi saluran kemih.

Terlalu sering menahan buang air kecil
Nyatanya terlalu sering menahan buang air kecil dapat meningkatkan resiko terkena ISK. Bakteri yang terlalu lama mengendap pada saluran kemih dapat semakin berkembang. Buang air kecil yang sangat di anjurkan yaitu setip 2 sampai 3 jam sekali. Dan jangan lupa usahakan selalu buang air kecil setelah berhubungan intim.

Celana ketat
Penggunaan celana dalam atau celana jeans yang terlalu ketat nyatanya tidak hanya dapat mengganggu kesuburan namun juga dapat menjadi penyebab infeksi saluran kemih. Diketahui penggunaan celana yang terlalu ketat dapat menyebabkan anus mengalami iritasi dan meningkatkan resiko bakteri pada anus berpindah ke saluran kemih.

Salah membersihkan anus
Setelah buang air besar pastikan anda cebok dengan benar. Cebok yang dapat meningkatkan resiko terkena infeksi saluran kemih yaitu dari belakang ke depan. Hal tersebut tentunya dapat mempermudah bakteri pada anus berpindah ke saluran kemih yang menyebabkan infeksi kemih. Mulailah cebok dengan arah depan ke belakang untuk mencegah perpindahan bakteri dari anus ke saluran kemih.

Memakai celana dalam basah
Nyatanya area organ intim memang lebih lembab dan hangat maka tidak heran jika tidak di jaga kesehatannya dapat menyebabkan beberapa penyakit. Penggunaan celana dalam yang basah nyatanya dapat membuat area organ intim lebih lembab dan menjadi tempat bakteri berkembang dengan cepat.

Itulah beberapa kebiasaan buruk yang bisa menjadi penyebab infeksi saluran kemih baik pada pria dan wanita. Tentunya dengan menjaga kebersihan dan menerapkan pola hidup sehat maka penyakit infeksi bisa di cegah sedini mungkin.

Baca juga artikel lainnya:

Ketahui Bahayanya Terlalu Sering Menahan Kentut

Mitos Atau Fakta Diet Kopi Hijau Sebabkan Osteoporosis

Beberapa Mitos Penyakit Hepatitis C Yang Banyak Di Percaya

Hati-hati Bahaya Air Seni Berbuih Atau Berbusa Pada Pria dan Wanita

Save