Artikel Terbaru

Diposkan oleh : health pada 6:54 am tanggal August 16, 2017

Kandungan Dan Manfaat Beras Merah Untuk Penderita Diabetes Health.Ijomuda.com,- Penderita diabetes memang tidak boleh mengkonsumsi sembarang makanan. Bahkan sangat disarankan untuk melakukan diet sehat guna menjaga gula darah tetap stabil. Asupan  karbohidrat pun sangat dibatasi untuk penderita diabetes, salah sumber karbohidrat yaitu nasi. Mayoritas penduduk Indonesia mengkonsumsi nasi putih setiap harinya namun untuk pederita diabetes sangat disarankan mengkonsumsi nasi merah. Ya beras merah memiliki indeks glikemik yang lebih rendah dibandingkan dengan beras putih. Indeks glikemik sendiri merupakan kecepatan glukosa diserap tubuh semakin rendah indeks glikemik maka akan menghambat peningkatan kadar gula darah setelah makan.

Kandungan dan Manfaat Beras Merah Untuk Penyakit Diabetes

Beras merah memang kurang populer di masyarakat Indonesia, hanya segelintir orang yang mengkonsumsinya sebagai pengganti beras putih. Nasi merah biasanya terkenal di kalangan pelaku diet karena memang memiliki kandungan kalori rendah yang sangat membantu dalam mengendalikan berat badan. Meskipun beras merah ini kurang dimianti faktanya beras merah ini memiliki kandungan nutrisi yang lebih baik dibandingkan beras putih.

Beras merah diketahui mengandung kalori, mangan, selenium, magnesium, asam amino triptofan, serat, protein, asam lemak alfa-linolenat, zat besi, vitamin B kompleks, dan vitamin A. Tentunya beberapa kandungan tersebut memiliki manfaat bagi kesehatan seperti menguatkan tulang, meningkatkan metabolisme tubuh, mencegah resiko kanker usus, membuat kenyang lebih lama, hingga baik untuk diet.

Lalu apa benar jika beras merah ini memiliki manfaat bagi penderita diabetes? diketahui beras merah memiliki kandungan mineral mangan dimana kandungan tersebut berperan sebagai enzim pengatus penggunaan insulin di dalam tubuh dan sangat berperan penting bagi penyakit diabetes. Bahkan dengan rutin mengkonsumsi nasi merah setiap harinya dapat menurunkan resiko terkena diabetes tipe 2 hingga 60% terlebih lagi nasi merah juga sangat baik untuk kesehatan jantung.

Beras merah juga nyatanya memiliki manfaat untuk menstabilkan gula darah. Gula darah yang stabil pada penderita diabetes tentunya dapat membantu dalam mencegah penyakit diabetes kambuh. Beras merah juga mengandung serat tinggi yang berperan untuk menghambat hingga memperlambat glukosa masuk kedalam darah. Kandungan serat tinggi pada beras merah juga tidak akan menyebabkan peningkatan gula darah dalam tubuh meningkat drastis.

Nah sekarang sudah tahu bukan manfaat nasi merah untuk diabetes. Dengan melakukan diet sehat pada penderita diabetes dapat membantu menstabilkan gula darah. Anda dapat melakukan diet sehat berikut ini:

  • Selain nasi merah anda juga dapat menambahkan beberapa jenis kacang-kacangan
  • Cukupi vitamin C dalam asupan makanan anda seperti pada anggur, jeruk, dan stroberi.
  • Konsumsi sayuran segar yang mengandung magnesium seperti bayam guna membantu menstabilkan kaddar gula darah
  • Hindari terlalu banyak mengkonsumsi makanan olahan seperti kue hingga camilan kemasan.

Selain dengan menerapkan diet sehat serta pola makan yang benar anda juga dapat mulai menerapkan gaya hidup sehat dengan rutin berolahraga, hindari merokok juga minuman keras.

Baca juga artikel lainnya:

Manfaat Sarapan Pagi Teratur Dengan Sayur dan Buah

Ketahui Dampak Buruk Asap Rokok Bagi Penampilan

Manfaat Bit Dari Penurun Kolesterol Hingga Pembersih Ginjal