Artikel Terbaru

Diposkan oleh : health pada 12:13 am tanggal May 31, 2017

Inilah Penyebab Nyeri Otot Setelah OlahragaHealth.Ijomuda.com,- Mungkin anda pernah merasakan nyeri otot setelah olahraga dan tentu saja membuat anda tidak nyaman. Namun tenang saja nyatanya nyeri otot pasca olahraga bukan masalah berat namun menandakan jika otot anda bekerja lebih baik. Lah ko bisa begitu? faktanya nyeri otot timbul akibat dari aktifitas berat atau berlebih yang biasanya tidak di lakukan, nyeri pada otot menjadi respon tubuh dari kebiasaan baru tersebut. Namun tenang saja nyeri otot akan hilang dengan sendirinya biasanya 2 sampai 4 hari.

Nyeri otot atau pegal sering juga disebut dengan DOMS ( Delayed Onset Muscle Soreness). Biasanya nyeri otot ini sering muncul saat seseorang mulai kembali melakukan olahraga atau mencoba olahraga baru yang lebih berat. Terjadinya kerusakan mikroskopik menyebabkan rasa nyeri pada otot tidak hanya itu munculnya enzim pada otot ikut andil dalam memunculkan nyeri otot. Biasanya peningkatan enzim otot dapat meningkat hingga 2 sampai 10 kali tergantung dari seberapa beratnya olahraga yang di lakukan. Tidak hanya setelah melakukan olahraga saja nyatanya melakukan pekerjaan yang lebih berat juga dapat menyebabkan nyeri otot.

Hal ini memang bukan hanya isapan jempol semata faktanya sebuah penelitian dilakukan pada atlet maraton yang telah melakukan latihan berat menjelang turnamen. Dan diketahui hasilnya menunjukan adanya kerusakan pada serabut otot. Faktanya otot yang pasif yang jarang di latih ketika digunakan akan cenderung mengalami robekan kecil pada serat-serat otot. Namun anda juga jangan salah mengartikan jika nyeri otot sama sekali sangat beda dengan nyeri sendi. Memang terkadang orang salah mengartikan kedua nyeri tersebut. Nyeri otot biasanya muncul setelah melakukan kegiatan berat atau pasca olahraga dan tidak muncul secara tiba-tiba.

Secara umum memang hingga saat ini belum ada cara untuk mengatasi nyeri otot secara efektif. Namun jangan berkecil hati dulu nyatanya nyeri otot dapat hilang dengan sendirinya jika anda sudah sering atau rutin melakukan olahraga berat tersenbut. Untuk meringankan nyeri otot pasca olahraga biasanya bisa di lakukan dengan mengompres dengan es, mengkonsumsi obat anti peradangan atau obat penghilang nyeri, hingga melakukan pemijatan. Namun pada dasarnya nyeri otot setelah olahraga dapat hilang dengan sendirinya setelah 4 hari.

Untuk mencegah nyeri otot setelah berolahraga ada baiknya lakukan dulu pemanasan sebelum berolahraga, lakukan olahraga secara rutin, jangan lupa lakukan olahraga berat dan baru secara bertahap, serta setelah berolahraga lakukan pendingan agar otot-otot tidak tegang.

Baca juga artikel lainnya:

Manfaat Melakukan Yoga untuk Menghilangkan Nyeri Sendi

Bunda, Yuk Ketahui Manfaat Pijatan Lembut Untuk Bayi Tercinta

Pilihan Makanan Terbaik Untuk Penderita Asam Urat dan Rematik