Artikel Terbaru

Diposkan oleh : health pada 3:09 am tanggal August 31, 2017

Inilah Manfaat Cabe Rawit Untuk Pengobatan Penyakit Health.ijomuda.com,- Pedas menjadi cita rasa memang sangat dicintai banyak orang. Di Indonesia sendiri makanan pedas memang menjadi makanan favorit, selain nikmat makanan pedas juga nyatanya dapat meningkatkan nafsu makan. Sensasi pedas tersebut didapat dari cabe, nah salah satu jenis cabe yang banyak di gunakan yaitu cabe rawit. Meskipun terlihat kecil namun cabe rawit ini memiliki rasa pedas yang nampol. Tanaman cabe rawit sendiri termasuk kedalam tanaman yang mudah tumbuh di area kering, dan biasanya di tanam di pekarangan rumah. Selain dapat meningkatkan nafsu makan apa saja manfaat cabe rawit lainnya? simak ulasannya berikut ini.

Cabe rawit sendiri merupakan tanaman asal Amerika Tropis yang bernama latin Capsium frutescens. Tidak hanya buahnya saja yang banyak di konsumsi, nyatanya daun cabe sering di jadikan sebagai lalapan. Buah cabe rawit memang berukuran kecil namun perlu anda tahu jika tingkat kepedasannya tidak di ragukan lagi bahkan dapat mencapai 50.000 sampai 100.000 skala scoville.

Dikenal dengan rasanya yang pedas nyatanya cabe rawit ini memiliki manfaat yang sangat bagus untuk kesehatan bahkan dapat membantu mengobati berbagai macam penyakit.  Hal tersebut faktanya memang bukan hanya isapan jempol semata menurut Menurut Dr Budi Sugiarto Widjaja, TCM, dari Klinik Beijing, Jakarta, yang dilansir dari doktersehat.com menyatakan jika cabe rawit ini bertindak sebagai tonik yang bagus untuk jantung, sirkulasi darah, hingga obat rematik.

Diketahui beberapa manfaat cabe rawit giling untuk kesehatan yaitu meningkatkan nafsu makan, mengatasi rematik dan radang beku, hingga menghancurkan darah beku. Tentu saja hal tersebut bukan tidak mungkin cabe rawit faktanya mengandung berbagai kandungan senyawa yang bermanfaat bagi kesehatan. Beberapa kandungan nutrisi pada cabe rawit yaitu vitamin C, B6, A, E, K, zat besi, tembaga, kalium, magnesium, mangan, fosfor, selenium, zinc, betakaroten, alfakaroten, zea xanthin, lutein, dan betakriptosantin.

Rasa pedas pada cabe berasal dari senyawa capsaicin dimana senyawa tersebut tidak hanya menghasilkan sensasi pedas namun juga memiliki manfaat bagi kesehatan. Capsaicin bertindak sebagai antibakteri, analgesik, antidiabetes, dan anti karsinogenik. Bahkan kandungan senyawa capsaicin ini banyak di manfaatkan dalam pembuatan salep hingga obat gosok untuk pengobatan penyakit rematik, sakit otot, hingga nyeri neuropatik.

Cabe rawit juga sering kali dimanfaakan untuk mengurangi kadar kolesterol LDL pada orang gemuk atau obesitas. Masalah penggumpalan darah nyatanya dapat ditasi dengan cabai rawit. Untuk masalah infetlitas atau ketidaksuburan nyatanya cabe rawit ini menjadi solusi terbaik. Hal tersebut tentunya bukan hanya isapan jempol semata cabe mengandung antioksidan terbaik yaitu vitamin C dan betakaroten yang tidak hanya bermanfaat untuk mengatasi ketidasuburan namun juga menghambat penuaan dini.

Manfaat lainnya dari cabe rawit untuk pengobatan penyakit yaitu membantu mengatasi migrain, meredakan batuk berdahak, mengatasi hidung tersumbat, penyakit sinusitis, sakit perut, menguatkan tangan dan kaki yang lemas atau lumpuh.

Meskipun cabe memiliki manfaat yang sangat bagus untuk kesehatan namun ingat pastikan untuk mengkonsumsi secara wajar. Orang dengan gangguan pencernaan, sakit tenggorokan sebaiknya menghindari terlalu banyak mengkonsumsi cabe.

Baca juga artikel lainnya:

Manfaat Kimchi Makanan Khas Korea Bagi Kesehatan

Manfaat Lada Hitam Untuk Mengatasi Berbagai Penyakit

Sejumlah Khasiat Mengkonsumsi Bawang Merah Mentah