Artikel Terbaru

Diposkan oleh : health pada 3:59 am tanggal August 14, 2017

Dampak Buruk Soda Bagi Penderita Asam UratHealth.Ijomuda.com,- Minuman bersoda memang sudah tidak asing lagi di lidah masyarakat Indonesia. Bahkan saat ini minuman bersoda menjadi salah satu minuman favorit semua kalangan mulai dari anak-anak hingga lansia. Minuman bersoda memang sangat nikmat dikonsumsi saat cuaca panas, biasaya juga disandingkan dengan makanan cepat saji. Namun apakah minuman bersoda ini memiliki dampak buruk bagi kesehatan terutama untuk penderita asam urat. Temukan jawabannya di bawah ini.

Meskipun terasa enak dan menyegarkan tenggorokan, nyatanya minuman berosda memiliki dampak buruk bagi kesehatan. Beberapa dampak negatif terlalu sering mengkonsumsi minuman bersoda yaitu obesitas, meningkatkan resiko penyakit diabetes, kerusakan ginjal, meningkatkan resiko terserang tulang rapuh, kanker pankreas, kerusakan gigi, hingga efek ketergantungan pada kafein.

Mengkonsumsi minuman bersoda yang sering nyatanya juga tidak baik bagi penderita asam urat. Penyakit asam urat sendiri merupakan penyakit yang menyebabkan rasa sakit di persendian. Gejala yang muncul tidak hanya rasa nyeri saja, namun juga sensasi panas hingga hingga bengkak menjadi gejala asam urat lainnya.

Kandungan zat asam urat yang menumpuk menjadi penyebab rasa nyeri pada persendian, akibat dari penumpukan zat asam urat maka akan terbentuk kristal-kristal tajam di sendi. Penyakit asam urat ini banyak menyerang orang yang memiliki riwayat penyakit diabetes, hipertensi, penyakit ginjal, hingga obesitas. Dan perlu anda tahu juga jika penyakit asam urat ini merupakan penyakit genetik, dimana jika ada riwayat keluarga yang terserang maka kemungkinan keturunannya akan mengalaminya juga.

Kandungan asam urat tentunya dapat meningkat sewaktu-waktu apalagi saat anda mengkonsumsi makanan tertentu seperti jeroan, daging merah, hingga sea food. Tidak hanya itu saja bahkan beberapa jenis minuman pun memiliki dampak buruk bagi penyakit asam urat salah satunya minuman bersoda. Diketahui minuman bersoda memiliki kandungan zat purin tinggi, saat zat purin tinggi masuk kedalam tubuh maka bisa menyebabkan kadar asam urat meningkat. Kadar asam urat yang meningkat nantinya akan mengkristal yang menyebabkan rasa sakit saat sendi di gerakan.

Dan berikut ini beberapa dampak soda bagi penderita asam urat yang wajub diketahui:

Gangguan fungsi ginjal
Akibat dari zat purin tinggi didalam tubuh menyebabkan penumpukan kristal asam urat pada ginjal. Akibat dari penumpukan tersebut maka bisa menyebabkan gangguan ginjal hingga fungsi ginjal menurun. Jika hal teresebut tidak segera diatasi maka bisa meningkatkan resiko gagal ginjal.

Kelumpuhan dan kerusakan sendi
Tahukah anda jika kandungan purin dalam minuman bersoda memiliki efek buruk menyebabkan kerusakan tulang rawan sendi terutama saat diminum oleh penderita asam urat. Tidak hanya itu saja minuman bersoda juga bisa mmeningkatkan resiko anda terkena kelumpuhan hingga cacat permanen karena kerusakan pada sendi.

Penyempitan pembuluh darah
Sering mengkonsumsi minuman bersoda nyatanya juga dapat meningkatkan resiko terjadinya penyempitan pembuluh darah akibat kandungan asam urat yang semakin meningkat. Penyempitan pembuluh darah bisa menyebabkan kontribusi darah ke otak, jantung, juga organ lainnya terganggu. Akibatnya anda bisa terkena serangan stroke juga penyakit jantung.

Itula beberapa dampak buruk soda untuk penderita asam urat. Ada baiknya mulai saat ini hindari terlalu sering mengkonsumsi minuman bersoda guna mencegah berbagai dampak buruknya bagi kesehatan.

Baca juga artikel lainnya:

Pilihan Makanan Terbaik Untuk Penderita Asam Urat dan Rematik

Inilah Penyebab Nyeri Otot Setelah Olahraga

Bahaya Duduk Terlalu Lama Dam Cara Mengatasinya

Manfaat Melakukan Yoga untuk Menghilangkan Nyeri Sendi