Artikel Terbaru

Diposkan oleh : health pada 1:02 am tanggal November 28, 2015

Menjaga kesehatan bayi baru lahir harus dilakukan secara hati-hati, apalagi ketika sang buah hati mengalami masalah kesehatan seperti pilek atau influenza yang dapat dikatakan masalah ringan namun bila terjadi pada bayi baru lahir akan nampak lebih mengkhawatirkan. Gejala awal yang bisa membuat bayi sulit bernafas yakni mengalami hidung tersumbat. Dapat diperparah lagi dengan kondisi sang bayi yang tidak mampu untuk mengeluarkan lendir sendiri yang tentunya dapat membuat bunda bingung dan panik bila belum mengetahui penanganan yang tepat dan aman dalam mengatasi hidung tersumbat pada bayi. Berikut ini ada beberapa cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi yang bisa dilakukan tentunya dengan cara yang hati-hati agar tidak menyakiti sang bayi. Simak penjelasannya di bawah ini.

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat pada Bayi dengan Aman

Jika sang bayi mengalami hidung tersumbat hanya pada salah satu sisi saja, posisi tidur bunda buat untuk sedikit miring. Ini dapat membantu mengurangi efek dari sulit bernafas pada saat tidur. Anda juga dapat memberikan penyangga berupa bantal atau apapun yang dirasa baik untuk diletakan dibagian kepala agar posisi kepala bayi dapat lebih tinggi dari badannya.

Bila rumah anda menggunakan AC, maka hentikan AC tersebut atau diatur suhunya agar tidak terlalu dingin. Berikan juga sedikit pijatan lembut pada dada atau punggung bayi dengan mengoleskan minyak kayu putih dan pastikan aman digunakan untuk bayi.

Cara lain yang dapat anda lakukan adalah dengan memberikan uap air panas yang sudah ditetesi dengan minyak telon yang dapat membantu mengurangi hidung tersumbat pada bayi. Uap air panas yang sudah ditetesi minyak telon dalam sebuah ember kecil letakkan di dekat bayi tidur, biarkan sang bayi menghirup uap air tersebut. Dengan cara ini dapat membantu dalam melegakkan pernapasan dan mengurangi hidung bayi yang tersumbat.

Bila bayi beringus, anda dapat menggunakan penyedot lendir hidung khusus untuk bayi dan ingat pastikan bersihkan terlebih dahulu penyedot lendir tersebut dengan alkohol agar lebih steril. Lakukan dengan hati-hati dan lembut agar tidak membuat iritasi pada dinding hidung sang bayi.

Agar lendir yang membuat hidung bayi tersumbat menjadi encer dan mudah untuk dikeluarkan, anda juga dapat meneteskan larutan garam atau nasal saline dengan ujung pipet. Bila lendir tersebut sudah encer, membantu mengeluarkannya dapat dengan menggunakan alat penghisap lendir secara perlahan.

Itulah beberapa cara untuk mengatasi hidung tersumbat pada bayi yang dapat anda coba lakukan di rumah. Bila dengan cara tersebut masalah hidung tersumbat pada bayi anda belum juga dapat teratasi, alangkah lebih baik anda membawa buah hati anda ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih serius. Terimakasih atas kunjungannya ke situs www.health.ijomuda.com. Semoga bermanfaat 😉