Artikel Terbaru

Diposkan oleh : health pada 6:15 am tanggal December 3, 2015

Bahaya Melakukan Hubungan Seksual saat Istri Menstruasi

www.healthijomuda.com | Melakukan hubungan seksual memang menjadi suatu kegiatan yang ditunggu bersama pasangan apalagi yang ingin segera memiliki keturunan. Tetapi apabila istri sedang menstruasi sebaiknya anda perlu bersabar menunda kegiatan ini. Perlu di ingat bahwa berhubungan seksual pada saat istri sedang menstruasi dapat menimbulkan resiko yang berbahaya untuk kesehatan terutama untuk sang istri.

Menurut pakar kesehatan kandungan dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Prof. Ali Baziad menyatakan bahwa ada sejumlah resiko yang dapat dihinggapi perempuan bila berhubungan seksual pada saat menstruasi seperti :

Terjadinya Resiko Endometriosis

Kondisi ini merupakan kembalinya darah kotor menstruasi ke rahim bahkan dapat ke organ-organ lainnya. Hal ini dapat mengakibatkan lengketnya darah menstruasi menempel pada tempat yang tidak semestinya dan berkembang membentuk jaringan yang baru.

Apabila sudah terjadi perlengketan dan hingga menampung darah, endometriosis dapat menyebabkan nyeri baik pada saat menstruasi maupun pada saat berhubungan seksual. Endometrriosis juga dapat berkembang menjadi kista yang berdampak cukup serius seperti sulitnya untuk memilki anak dan dapat menurunkan kualitas hidup.

Resiko Terkena Penyakit Menular Seksual

Pakar seks dan terapis dari Feinberg School of Medicine Laura Berman PhD menjelaskan bahwa pada saat normal serviks (leher rahim) memiliki lendir serviks yang berfungsi untuk menyaring kuman yang masuk ketika melakuan hubungan seksual. Ketika wanita sedang menstruasi leher rahim terbuka untuk memudahkan keluarnya darah haid. Saat melakukan hubungan seksual pada masa ini membuat leher rahim tidak dapat menangkal masuknya penyakit ke dalam rahim. Kondisi ini dapat memudahkan terjadinya penularan virus HIV dan hepatitis.

Meningkatnya Resiko Infeksi

Saat berhubungan intim tak jarang ada yang dapat menimbulkan luka dan sperma yang tidak steril bisa masuk ke dalam tubuh sehingga memicu untuk meningkatnya resiko terkena infeksi. Pada saat menstruasi, wanita mengalami penurunan hormon estrogen yang membuat cairan lubrikasi sedang berkurang. Karena hal ini dapat membuat vagina rentan mengalami luka dan menimbulkan rasa tidak nyaman pada saat melakukan hubungan seksual.

Infeksi pada Pria

Melakukan hubungan seksual ketika istri sedang haid, darah yang berasal dari rahim dan vagina dapat masuk ke dalam penis dan bisa menjadi media penyebaran kuman serta bakteri yang dapat menimbulkan infeksi saluran kencing, prostat dan masalah kantung sperma pada pria.

Kematian Mendadak

Melakukan hubungan seksual pada saat menstruasi membuat para pakar kesehatan mengkhawatirkan terjadinya gelembung udara ke pembuluh darah yang terbuka. Gelembung udara ini dapat menimbulkan penyumbatan pembuluh darah bahkan dapat menjadi kematian mendadak. Pendapat lain juga dikemukakan oleh anggota Asosiasi Seksologi Indonesia (ASI) Dr. Andri Wanananda mengungkapkan bahwa pada saat menstruasi terjadi pelepasan lapisan dalam uterus (dinding rahim) untuk diganti lapisan yang baru. Pada saat melakukan hubungan seksual ketika menstruasi, gerakan-gerakan penis ketika penetrasi dapat memicu untuk masuknya gelembung udara dalam pembuluh darah yang terbuka yang dapat berakibat fatal.

Untuk urusan rumah tangga seks memang menjadi urusan yang penting namun perlu dilakukan secara sehat agar dapat terhindar penyakit seksual yang berbahaya untuk kesehatan. Kunjungi juga artikel menarik kami yang lainnya Bahaya Berhubungan Seksual saat Wanita sedang Keputihan