Artikel Terbaru

Diposkan oleh : health pada 1:41 am tanggal February 10, 2017

Bahaya Makan Gorengan Yang Di Bungkus Kertas KoranHealth.Ijomuda.com,- Makan gorengan memang menjasi salah satu kebiasaan yang sudah tidak asing lagi di Indonesia. Aneka gorengan mulai dari goreng pisang, bakwan, hingga mendoan selalu menjadi camilan juara apalagi jika di sandingkan dengan cabei ataupun saus. Di Indonesia sendiri memang sangat mudah menemukan penjual gorengan, harga yang murah juga rasa yang enak tentunya menjadi daya tarik tersendiri. Namun coba perhatikan deh pembungkus gorengan yang banyak di pakai para penjual, ya koran. Mungkin banyak yang tidak terlalu peduli mengenai bungkus koran yang di gunakan. Meskipun bungkus koran yang sering di pakai terlihat biasa-biasa saja, namun tahukah anda jika ada bahaya yang bisa mengancam kesehatan. Lebih mengerikannya lagi  koran yang di jadikan sebagai pembungkus makanan bisa menyebabkan kanker.

Bahaya Makan Gorengan Yang Di Bungkus Kertas Koran

Diketahui pembungkus makanan dari koran bekas atau majalah bekas memiliki kandungan timbal yang apabila terkena panas dan minyak akan semakin memudahkan berpindahnya kandungan timbal ke makanan. Kandungan timbal yang masuk kedalam tubuh melalui makanan yang telah terkontaminasi dapat membahayakan kesehatan. Kurangnya pengetahuan akan bahaya menggunakan koran bekas sebagai pembungkus makanan menjadikan setiap penjual hingga saat ini menggunakannya. Pembungkus makanan yang banyak di sarankan para ahli yaitu karton food grade yang tidak tembus minyak.

Adapun beberapa pengaruh buruk bagi kesehatan dari penggunaan koran bekas sebagai pembungkus makanan yaitu:

Berpengaruh pada hormon
Untuk anda yang gemar makan gorengan waktunya anda tahu jika pembungkus gorengan dari koran bekas memiliki efek buruk bagi kesehatan. Dan sudah saatnya anda beralih menggunakan pembungkus makanan yang lebih aman dengan label food grade. Koran bekas tentunya mengandung tinta, nah tinta pada koran yang memudar karena adanya panas ataupun kandungan minyak dari gorengan dapat mempengaruhi hormon. Fungsi hormin yang terganggu tentunya akan sangat berimbas pada kesehatan anda.

Gangguan pencernaan
Dampak buruk penggunaan kertas koran sebagai pembungkus makanan selanjutnya yaitu gangguan pencernaan. Masalah pencernaan yang terganggu memang menjadi salah satu dampak negatif yang paling umum. Diketahui pada tinta koran mengandung diisobutil yang bisa menyebabkan masalah pencernaan yang serius.

Berpengaruh pada kesuburan
Untuk para wanita yang gemar mengkonsumsi gorengan yang di bungkus kertas koran tentunya anda akan khawatir. Nyatanya kandungan tinta pada kertas koran yang berpindah pada gorengan dan masuk kedalam tubuh bisa menyebabkan masalah pada organ reproduksi bahkan akan mempengaruhi kesuburan anda. Diketahui juga kandungan tinta pada kerta koran dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh drastis pada anak-anak.

Menyebabkan penyakit kandung kemih dan kanker
Kandungan bahan kimia pada tinta koran nyatanya bisa menyebabkan penyakit kandung kemih dan kanker. Tinta koran akan sangat mudah menempel pada makanan saat makanan berminyak dan panas dan tentu saja makanan yang akan di konsumsi telah terkontaminasi kandungan bahan kimia dari tinta koran yang jika terus-terusan berlangsung maka akan memicu pertumbuhan sel-sel kanker juga menyebabkan penyakit kandung kemih.

Merusak paru-paru dan ginjal
Kandungan senyawa grafit pada tinta koran yang masuk ke dalam tubuh nyatanya memiliki efek buruk bagi kesehatan. Masuknya senyawa tersebut dapat membuat tubuh hilang kemampuan untuk menetralisir racun yang di keluarkan melalui buang air besar. Akibatnya penumpukan racun pun terjadi dan akan sangat berpengaruh buruk pada fungsi paru-paru dan ginjal.

Itulah beberapa bahaya jika terlalu sering mengkonsumsi makanan yang di bungkus kertas koran bagi kesehatan. Mulai dari sekarang tidak ada salahnya bukan untuk menggunakan kertas yang berlabel food grade untuk membungkus makanan tentunya akan lebih aman bagi kesehatan. Semoga linformasinya bermanfaat dan salam sehat.

Baca juga artikel menarik lainnya:

Efek Buruk Rokok Elektrik Bisa Sebabkan Penyakit Jantung

Penyebab Munculnya Jerawat Pada Masa Pubertas

Makanan Sehat Untuk Mengurangi Nafsu Makan

Save