Artikel Terbaru

Diposkan oleh : health pada 1:46 am tanggal March 8, 2017

Bahaya Duduk Terlalu Lama Dam Cara Mengatasinya Health.Ijomuda.com,- Duduk memang menjadi hal yang sangat membuat kita nyaman apalgi jika sofa atau kursinya empuk tentunya akan semakin membuat anda berlama-lama untuk duduk. Namun perlu anda tahu jika terlalu lama duduk nyatanya memiliki efek yang buruk bagi kesehatan. Apalagi untuk anda yang bekerja di kantoran duduk terlalu lama dengan posisi yang tidak berubah selama 8 sampai 10 jam maka sangat beresiko bagi kesehatan. Adapun beberapa bahaya duduk terlalu lama bagi kesehatan adalah sebagai berikut.

Nyeri punggung
Tidak sedikit orang yang bekerja sambil duduk bahkan kerjaannya menuntut untuk duduk terlalu lama. Ya hal tersebut memang tidak bisa di salahkan. Nyatanya duduk terlalu lama dalam beberapa jam dengan posisi yang sama dapat meningkatkan resiko nyeri punggung. Nyeri puggung yang di rasakan akibat duduk terlalu lama adalah pada bagian punggung bawah dan tulang belakang. Duduk terlalu lama dapat menyebabkan otot kaku sehingga nyeri punggung dapat muncul.

Resiko diabetes
Tidak hanya nyeri punggung saja nyatanya orang yang lebih banyak duduk setiap harinya dapat meningkatkan resiko penyakit diabetes. Hal tersebut memang belum di buktikan dengan berbagai penelitian namun para ahli menyebutkan jika wanita yang terlalu lama duduk sampai 7 jam dalam sehari maka  resiko penyakit diabetes tipe 2 bisa meningkat terlebih lagi jika kondisi tersebut di lakukan secara terus-menerus dalam jangka waktu panjang.

Sakit leher
Berbagai posisi duduk memang banyak salah satunya duduk tegak. Duduk tegak memang sangat baik untuk mencegah terjadinya kebongkokan namun ada juga efek sampingnya. Nyatanya duduk tegak dalam waktu yang lama dapat menyebabkan nyeri leher. Rasa nyeri pada leher di sebabkan oleh adanya peradangan pada sendi tulang belakang.

Nyeri bokong dan perubahan bentuk bokong
Duduk terlalu lama nyatanya dapat menyebabkan nyeri pada bokong. Tidak hanya rasa nyeri saja nyatanya bentuk bokong pun akan mengalami perubahan. Diketahui jika tonus otot dapat bekurang hal tersebut akan sangat berimbas pada bentuk bokong yang kurang berisi.

Gangguan metabolisme
Gagguan metabolisme pada tubuh juga dapat muncul akibat dari terlalu lama duduk. Sebuah penelitian menyebutkan jika duduk terlalu lama dapat memicu gangguan metabolisme menjadi tidak optimal. Akibat dari ganggaun pada metabolisme tubuh makan berbagai keluhan bisa saja muncul seperti penurunan kolesterol yang drastis.

Kematian
Bahaya duduk terlalu lama nyatanya dapat menyebabkan kematian atau mati muda. Denga duduk terlalu lama makan tubuh akan sangat rentan terhadap berbagai macam penyakit. Tidak hanya itu nyatanya duduk terlalu lama bisa membuat lemak darah semakin berkembang juga kadar kolesterol semakin tinggi. Hal tersebut akan sangat meningkatkan resiko anda terkena serangan jantung juga obesitas.

Bahaya duduk terlalu lama memang sangat menakutkan namun tentunya hal tersebut dapat diatasi dengan berbagai cara. Untuk anda yang memiliki pekerjaan sambil duduk maka sangat di anjurkan untuk sering minum air putih, pastikan untuk melakukan peregangan setiap 30 menit sekali, lebih banyak bergerak dan ganti posisi duduk anda setiap beberapa jam sekali, bisa juga melakukan olahraga ringan seperti naik turun tangga, jalan-jalan kecil di ruang kerja. dan yang terakhir gunakan meja yang fleksibel.

Baca juga artikel lainnya:

Pilihan Makanan Terbaik Untuk Penderita Asam Urat dan Rematik

Bahaya Radiasi Handphone Bagi Kesuburan Pria

Mitos Penyakit Hepatitis C Yang Banyak di Percaya

Save